TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0102/Pidie Lakukan Tanam Padi Perdana di Lahan Cetak Sawah Baru

bra2

PIDIE, tniad.mil.id – Komando Distrik Militer (Kodim) 0102/Pidie terus berkomitmen mendukung program pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan demi ketahanan pangan nasional. Salah satunya seperti yang saat ini dilaksanakan, yakni usai tahap pengerjaan pembuatan sawah baru, langsung dilanjutkan dengan tahap
tanam padi perdana di lahan cetak sawah baru, Kamis (22/11/2018) di Desa Jijiem, Kecamatan Keumala, Kabupaten Pidie, Aceh.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0102/Pidie, Mayor Arm Musani S.Pd. M.Sc. dalam sambutannya mengatakan, program cetak sawah yang akan ditanami padi itu merupakan hasil MoU antara Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) dan TNI AD sejak tahun 2015, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Terkait itu, Kodim 0102/Pidie sendiri telah melaksanakan kegiatan cetak sawah sebanyak dua kali, yaitu di tahun 2017 sebanyak 170 Hektar, yang terdiri dari wilayah Kabupaten Pidie seluas 90 Hektar dan di wilayah Kabupaten Pidie Jaya seluas 80 Hektar. Sedangkan pada tahun 2018, Kodim Pidie mendapat target mencetak sawah seluas 200 Hektar di wilayah kabupaten Pidie, salah satunya adalah sawah yang akan ditanami tersebut.

“Program ini merupakan wujud kepedulian TNI AD umumnya dan Kodim 0102/Pidie khususnya dalam mendukung meningkatnya perekonomian petani dengan pembukaan lahan tidur menjadi lahan produktif,” kata Musani.

“Saya berharap, para petani agar lebih bersemangat untuk memaksimalkan lahan sawah sehingga apa yang dicita-citakan pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai,” harapnya.

Kegiatan tanam padi perdana tersebut dihadiri Kasi Produksi Distanpan Pidie, Pasiterdi 0102/Pidie, Danramil 13/Keumala, Camat Keumala, Camat Titeu, Kapolsek Keumala, Kepala BPP Kecamatan Keumala, Mantri tani Keumala, Kechik Desa Jijiem, tokoh agama, Babinsa Koramil 13/Keumala, Babinkamtibmas, dan Gapoktan serta petani pemilik lahan cetak sawah baru di Desa Jijiem, Kecamatan Keumala.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0102/Pidie Lakukan Tanam Padi Perdana di Lahan Cetak Sawah Baru