Skip to main content
Berita Satuan

Korem 083/Baladhika Jaya Sosialisasikan Bahaya Laten Komunis

Dibaca: 60 Oleh 29 Nov 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

MALANG, tniad.mil.id – Seluruh lapisan masyarakat untuk mewaspadai bahaya laten komunis. Paham tersebut diindikasikan mulai bermunculan di kalangan masyarakat dengan tampilan barunya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Logistik (Kasilog) Korem 083/Baladhika Jaya Letkol Inf Joni Arsyah pada sosialisasi bahaya laten komunis kepada seluruh prajurt, di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (28/11/2018).

Kasilog menyampaikan, bukan hanya paham komunis, seluruh masyarakat juga harus mewaspadai keberadaan paham radikalisme yang dinilai sama berbahayanya dengan paham Komunisme. “Hal ini penting, mengingat komunis di Indonesia merupakan bahaya laten yang tidak pernah mati. Pergerakannya pun mulai berkembang dengan gaya barunya,” ujarnya.

Ia menambahkan, paham Komunis lebih cenderung memiliki pola kehidupan tak mengacu pada agama, hingga menolak sistem kekeluargaan. Hal itu juga sangat jelas berbenturan dengan ideologi Pancasila.

“Komunis itu dapat muncul di permukaan secara tiba-tiba jika kondisinya memungkinkan. Berdasarkan UU nomor 3 tahun 2002 disebutkan bahwa Pertahanan Negara bertujuan untuk menjaga, sekaligus melindungi kedaulatan dan keutuhan NKRI serta segenap keselamatan bangsa dari berbagai bentuk ancaman, termasuk diantaranya bahaya laten Komunis dan paham radikalisme,” ungkapnya.

Baca juga:  Panglima TNI Ceramah Dihadapan 240 Unsur Pimpinan Bank BNI

Dalam rangka membantu upaya pencegahan sekaligus pengawasan, menurutnya, paham-paham tersebut dapat ditangkal melalui berbagai macam cara. Selain menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme, peran aktif seluruh pihak juga menjadi suatu upaya tersendiri dalam mengantisipasi munculnya paham-paham tersebut.

“Jangan terpancing propaganda ataupun isu-isu yang sifatnya memecah belah persatuan dan kesatuan, khususnya kebhinekaan yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Saya berharap, seluruh prajurit, PNS dan Keluarga Besar TNI, senantiasa untuk selalu mewaspadai berkembangnya paham-paham berbahaya tersebut,” pintanya.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel