TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Mantan Kombatan GAM Serahkan Senjata Api ke Dansatgas TMMD ke-103 Kodim 0105/Abar

bra4

MEULABOH, tniad.mil.id – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 di wilayah Kodim 0105/Aceh Barat (Abar), tepatnya di Desa Antong membuahkan hasil yang maksimal, yakni adanya satu peristiwa penyerahan satu pucuk senjata api laras pendek jenis pistol, dari salah satu mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), pada Minggu (11/11/2018) malam.

Senjata api tersebut diserahkan langsung kepada Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD 103 Kodim 0105/Abar, Letkol Kav Nurul Diyanto Spd yang didampingi oleh Pasiintel dan Pasiter Kodim 0105/Abar.

TMMD yang tinggal tiga hari lagi sangat menyentuh hati masyarakat di tiga desa berdekatan tersebut. Selama satu bulan Satgas TMMD berbaur dengan warga masyarakat ternyata membuahkan hasil yang luar biasa. Salah satu warga Desa Ujong Raja yang di masa konflik Aceh dulu pernah menjadi kombatan, secara sukarela menyerahkan satu pucuk senjata api laras pendek jenis pistol beserta enam butir munisi, dan dilengkapi sarung pistol serta dua lembar bendera bulan bintang (bendera GAM).

Dihadapan Dandim 0105/Abar dan disaksikan para wartawan Aceh Barat, mantan kombatan GAM (yang minta namanya dirahasiakan) tersebut mengatakan, penyerahan senjata itu merupakan bentuk ucapan terima kasihnya atas upaya TNI dari Kodim 0105/Abar yang telah membangun desa tertinggalnya, melalui program TMMD ke 103.

“Senjata ini adalah milik saya sendiri, yang dulu pernah saya pakai saat konflik di Aceh dan belum saya serahkan,” ucapnya.

Dandim 0105/Abar selaku Dansatgas TMMD 103 mengucapkan terima kasih atas keikhlasan warga masyarakat menyerahkan senjata api sisa konflik Aceh, atas dasar kesadaran pribadi tanpa ada intimidasi maupun paksaan dari pihak manapun.

“Saya ucapkan terima kasih atas penyerahan senjata ini. Saya berharap apa yang telah dilakukan oleh kawan kita menjadi contoh bagi masyarakat lain yang masih menyimpan senjata api maupun bahan peledak, karena dapat membahayakan dirinya, keluarga dan juga orang lain,” kata Letkol Nurul.

Penyerahan satu pucuk senjata api tersebut merupakan salah satu bentuk keberhasilan dari TMMD ke-103 Kodim 0105/Abar di Desa Antong, yang membangun jalan sepanjang 6500 meter, peningkatan jalan sepanjanh 1200 meter dan membuat saluran parit di kiri dan kanan jalan sepanjang 6500 meter.

Rencananya, penutupan TMMD 103 di wilayah Kodim 0105/Abar akan dilaksanakan pada 13 November 2018 di Lapangan bola Ujong Raja, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam II/Sriwijaya Kodam Iskandar Muda Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Mantan Kombatan GAM Serahkan Senjata Api ke Dansatgas TMMD ke-103 Kodim 0105/Abar