TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pelatihan Linmas Tanggap Siaga Bencana

WhatsApp Image 2018-11-30 at 7.50.15 AM

TEMANGGUNG, tniad.mil.id – Sejumlah wilayah di Kabupaten Temanggung merupakan daerah rawan bencana seperti tanah longsor, angin ribut, dan juga banjir. Untuk itu anggota Hansip/perlindungan masyarakat (Linmas) dituntut untuk tanggap bencana yang terjadi di wilayahnya.

Kondisi ini yang membuat Danramil 11/Tembarak Kodim 0706 Temanggung berinisiatif memberikan pembekalan pada pelatihan satuan perlindungan kepada satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) Desa Mengoro, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

“Anggota Hansip/Linmas merupakan garda terdepan di wilayah pedesaan, sehingga apabila terjadi bencana seperti tanah longsor, angin ribut dan banjir, Linmas dituntut untuk tanggap terhadap bencana untuk menjadi pelindung bagi masyarakat,” Kata Danramil 11 Tembarak Kodim 0706 Temanggung Kapten Arm Misno di Daerah latihan Bantir Rindam IV/Diponegoro, Semarang, Kamis (29/11/2018).

Pelatihan Linmas yang pesertanya merupakan Satlinmas Desa Menggoro Kecamatan Tembatak dan akan berlansung selama dua hari. Materi pelatihan terdiri dari tugas dan fungsi Hansip/Linmas, peran Linmas dalam pemilu, teori dan praktek trantib, deteksi dini, P3K/evakuasi/ke PMI-an dan lintas medan.

Drs. Satria Indra Basuki Kasatpol PP Kabupaten Temanggung mengatakan, selain harus tanggap bencana, anggota Satlinmas juga dituntut untuk menumbuhkembangkan terciptanya situasi dan kondisi masyarakat yang aman, tertib serta penanggulangan bencana sejak dini.

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya pesta demokrasi yaitu Pilleg dan Pilpres 2019, peran anggota Linmas tidak dapat dipandang sebelah mata, baik pada saat menjelang, saat pelaksanaan maupun sesudah pesta demokrasi tersebut.

Kepala Satpol PP dan Linmas Kabupaten Temanggung menambahkan, tujuan dari pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan bagi anggota Hansip/Linmas. Selain itu anggota Hansip/Linmas juga dituntut untuk memiliki kemampuan tanggap, cepat, dan tepat dalam menangani tugas-tugas perlindungan masyarakat di daerahnya masing-masing.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pelatihan Linmas Tanggap Siaga Bencana

03 min