TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Penerjun Yonif PR 305/Tengkorak Hiasi Langit Way Tuba

By 07 Nov 2018 13:22Dinas Penerangan
IMG-20181107-WA0003

WAY TUBA, tniad.mil.id – Sejumlah prajurit dari Satuan Tugas Lintas Udara (Satgaslinud) Para Raider 305/Tengkorak melakukan penerjunan di daerah Drop Zone (DZ) Bandara Gatot Subroto Way Tuba dari pesawat pengangkut Hercules C130 saat Operasi Darat Gabungan dalam rangkaian Latihan Ancab TNI AD TA. 2018 di daerah latihan Puslatpur Baturaja, Sumatera Selatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Paban Opslat Kodiklat, Kolonel Inf Tarsono ketika menyaksikan penerjunan Latihan Ancab TNI AD di Bandara Gatot Subroto, Way Tuba. Selasa (6/11/2018)

Menurut Paban Opslat Kodiklat penerjunan ini dilakukan pada pukul 05.37 WIB oleh 180 prajurit yang dipimpin langsung Danyonif PR 305/Tengkorak, Letnan Kolonel Inf Denny Juwon Pranata, M.Tr (Han).

“Pasukan Satgaslinud PR 305 yang bermarkas di Teluk Jambe Karawang ini diangkut dari Landasan Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Dimana penerjunan tersebut terbagi menjadi 3 pesawat yang masing-masing membawa 60 personel,” terangnya.

Tujuan dari penerjunan ini untuk melakukan pendadakan terhadap musuh dan merebut sasaran yang bersifat strategis. Dimana musuh di skenariokan telah menguasai Bandara Way Tuba, Kabupaten Lampung Utara. Setelah sasaran berhasil direbut, Satgaslinud PR 305 langsung membentuk Pertahanan Tumpuan Udara (Han TU).

Sejauh ini, penerjunan dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar (zero accident). Walaupun pada saat Jam “J” penerjunan pasukan PR 305/Tengkorak menghadapi rintangan berupa kondisi angin yang cukup kencang, namun berkat skill dalam mengemudikan payung dan teknik dalam mendarat, penerjunan berlangsung sukses.

“Alhamdulillah, penerjunan berjalan lancar dan aman,” sambung Alumni Akademi Militer 1992 ini.

Pada pelaksanaan penerjunan Latihan Ancab TNI AD 2018 ini disaksikan langsung oleh Dankodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto, S,sos dengan didampingi oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, SIP, M.Hum, Dirlat Kodiklat Brigjen TNI Hariyanto, Pejabat TNI AD, Kapolres serta para Muspida setempat. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Penerjun Yonif PR 305/Tengkorak Hiasi Langit Way Tuba