TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Ribuan Masyarakat Saksikan Langsung Latihan Ancab TNI AD 2018

By 15 Nov 2018 Dinas Penerangan
WhatsApp_Image_2018-11-15_at_9.49.33_AM

BATURAJA, tniad.mil.id – Latihan Ancab tingkat Brigade TNI AD Tahun 2018 di daerah latihan Puslatpur Kodiklatad, Baturaja. Pagi ini dibanjiri warga yang datang untuk menyaksikan secara langsung jalannya latihan perang tersebut. Antusiasme masyarakat sangat terlihat saat mereka berbondong-bondong memadati lapangan titik tinjau tempat latihan milik Angkatan Darat ini. Kamis (15/11/2018).

Latihan yang pelaksanaan puncaknya digelar hari ini menyuguhkan berbagai macam Alutsista modern yang dimiliki TNI AD dari berbagai kecabangan dengan menunjukkan sinergitas dan kemampuannya masing-masing. Hal ini semakin membuat masyarakat berdecak kagum sekaligus bangga terhadap apa yang dipunyai oleh TNI AD dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Salah satu masyarakat, Dani (47 tahun) warga Desa Batumarta yang sejak pukul 06.00 WIB hadir bersama keluarganya. Sangat senang dan bangga menyaksikan jalannya latihan yang memperlihatkan kemampuan profesionalisme prajurit dan operasional Alutsista modern milik TNI AD. “Seru lihatnya, bangga saya sama bapak tentara. Disini juga orangnya baik-baik dan ramah,” ucap Dani.

Selain masyarakat umum yang berasal dari berbagai daerah, banyak pula pelajar yang datang untuk menyaksikan latihan puncak tingkat Brigade TNI AD tersebut. Mereka terlihat sangat antusias dan menikmati jalannya latihan dan bertepuk tangan saat moncong senjata Tank mengeluarkan tembakan.

“Seru banget, saya belum pernah lihat seperti ini secara langsung paling cuma TV atau di game doang. Saya jadi kepengen masuk tentara,” kata Jonatan Sebastian (14), pelajar kelas 3 SMP Negeri 3 OKU.

WhatsApp Image 2018-11-15 at 9.49.51 AM

Kasubdispenmedtak Dispenad, Letkol Inf Paiman selaku ketua tim pendukung teknis penerangan mengatakan, bahwa masyarakat yang datang pada puncak latihan sangat banyak, sekitar dua ribu orang. Mereka sangat antusias menonton jalannya latihan dan mereka datang tidak hanya dari masyarakat sekitar, akan tetapi juga dari wilayah luar OKU.

“Masyarakat yang datang sangat banyak, mereka sengaja meninggalkan aktivitasnya hanya untuk menonton latihan ini, ada yang bersama keluarga, teman, ada juga yang datang rombongan dari sekolahan. Hal ini menunjukan mereka sangat bangga dan cinta terhadap TNI,” terangnya.

Selesai dari pelaksanaan latihan ini, Kodiklatad selaku penyelenggara latihan Ancab TNI AD Tahun 2018, juga akan menggelar pameran Alutsista yang akan ditampilkan di dua tempat. Yaitu di Taman Merdeka Martapura, Sumsel dan di Taman Kota Bandar Jaya, Lampung.

Tujuannya adalah agar masyarakat dapat lebih mengenal terhadap Alutsista yang dimiliki TNI AD serta dapat menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan dirinya terhadap TNI. Sekaligus bagi pelajar maupun kalangan muda yang ingin mengabdikan dirinya, dapat langsung bertanya di stand-stand yang telah disiapkan.

Alat utama sistem persenjataan (Alutsista) yang ditampilkan pada pelaksanaan Latancab TNI AD Tahun 2018 dan yang akan di gelar pada acara Pameran diantaranya Tank Leopard, Tank Marder, Meriam 155 mm Caesar, Roket Astros dan Rudal Mistral. Sedangkan dari satuan tempur Infanteri berasal dari jajaran Brigif 13/Galuh yang merupakan satuan di bawah Divisi Infanteri 1 Kostrad. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Ribuan Masyarakat Saksikan Langsung Latihan Ancab TNI AD 2018