TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas Pamtas Perbaiki Bendungan PLTA, Dusun Jaungran Kembali Terang

bra5

KAPUAS HULU, tniad.mil.id – Terjadinya kebocoran di bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Dusun Jaungran, Desa Langau, Kecamatan Puring Kencana, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar) yang selama ini menjadi satu-satunya sumber pembangkit listrik di wilayah tersebut, mengakibatkan lebih kurang dua bulan lamanya masyarakat terganggu aktivitasnya di malam hari. Bendungan tidak lagi bisa menampung air sehingga tidak ada lagi yang bisa menggerakan turbin untuk menghasilkan listrik.

Prihatin dengan kondisi tersebut, Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Indonesia-Malaysia, Batalyon Infanteri 320/Badak Putih (Yonif 320/BP), dalam hal ini Pos Pamtas Jaung, berusaha membantu mengatasi esulitan warga Desa Jaungran. Bersinergi dengan anggota Polri di Polsek Puring Kencana dan dibantu warga masyarakat setempat, mereka bersama-sama memperbaiki bendungan PLTA yang bocor tersebut.

Dipimpin Sersan Satu (Sertu) Aris, personel TNI, Polri, dan warga bergotong royong bahu membahu melakukan proses pengecoran,. Dengan harapan air bisa tertampung lagi di bendungan, sehingga dapat memutar turbin PLTA yang selanjutnya akan menghasilkan listrik yang saat ini sangat dibutuhkan warga Jaungran.

Upaya yang diprakarsai oleh personel Satgas Pamtas Yonif 320/BP tersebut kemudian mendorong Pemerintah daerah (Pemda) setempat untuk turut memperbaiki bendungan.

“Alhamdulillah, saat ini masyarakat sudah bisa kembali menikmati listrik, walaupun tidak 1×24 jam,” tutur Aris.

Ditambahkannya, bila musim hujan tiba, bendungan akan menerima debit air yang cukup untuk dapat menggerakan turbin, sehingga masyarakat bisa menikmati listrik setiap saat.

“Tetapi pada saat musim kemarau seperti sekarang ini, debit air akan menurun sehingga berpengaruh kepada kemampuan PLTA untuk memasok listrik kepada masyarakat,” tambahnya.

Atas inisiatif dari personel Satgas Pamtas Yonif 320/BP membantu memperbaiki bendungan, kini masyarakat Dusun Jaungran, Desa Langau bisa kembali teraliri lisrik meskipun masih terbatas. Dan, warga masyarakat sangat berterima kasih atas manfaat yang telah mereka rasakan dari kehadiran para prajurit Yonif 320/BP yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-Malaysia ini.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgas Pamtas Perbaiki Bendungan PLTA, Dusun Jaungran Kembali Terang