Skip to main content
Berita Satuan

TNI dan BSSN Kerja Sama Penguatan Keamanan Siber

Dibaca: 90 Oleh 09 Nov 2018Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melaksanakan kerja sama tentang Penguatan Keamanan Siber dan Persandian di lingkungan TNI, yang berlaku dalam kurun waktu selama lima tahun.

Nota Kesepahaman kerja sama tersebut ditandatangani langsung oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto., S.I.P. dan Kepala BSSN Djoko Setiadi, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (8/11/2018).

Nota kesepahaman antara TNI dan BSSN diantaranya meliputi penguatan sumber daya dalam bidang keamanan Siber dan persandian, serta peningkatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam sambutannya mengatakan, memasuki era revolusi industri 4.0, mau tidak mau TNI harus mengikuti perkembangan yang sedang terjadi dan harus menggunakan alat untuk mendapatkan kecepatan informasi, dengan memiliki perangkat siber ( cyber), yang dilengkapi dengan jaringan, konten dan aplikasi.

“Siber harus memiliki tiga syarat, yaitu jaringan, konten, dan aplikasi. Apabila hanya ada satu dari tiga syarat tersebut, maka belum bisa dibilang siber,” kata Panglima TNI.

Baca juga:  Albertus Untahawan : Terima Kasih Bapak Satgas, Tanpa Lelah Bantu dan Sayang Warga

Pada kesempatan yang sama, Kepala BSSN Djoko Setiadi mengatakan, BSSN sangat mengapresiasi dan mendukung upaya TNI dalam membangun keamanan siber. Menurutnya, dengan pembentukan Satuan Siber TNI (Satsiber TNI) sebagai bagian dari institusi TNI, diharapkan mampu untuk menjamin terwujudnya pertahanan Siber TNI dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Lebih lanjut dikatakan, BSSN sebagai institusi pemerintah yang memiliki tugas dan kewenangan dalam keamanan Siber dan Persandian, siap memberikan dukungan pengamanan teknologi di ruang siber.

“Kerja sama yang dilakukan antara Badan Siber dan Sandi Negara dengan TNI ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi dalam menciptakan keamanan siber,” katanya.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel