Kodam IX/Udayana

Bakti Sosial dan Karya Bhakti Wujud Kebersamaan TNI dengan Rakyat

By 16 Dec 2018 No Comments
IMG-20181216-WA0035
#TNIAD #TNI-AD

SUMBAWA BARAT, tniad.mil.id – Peringatan Hari Juang Kartika ke 73 Tahun 2018 yang dilaksanakan pada, Sabtu (15/12/2018) disambut dengan berbagai kegiatan sosial, salah satunya bakti sosial yang dibuka Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, di Lapangan Komuter Telu Center (KTC) Kantor Bupati Sumbawa Barat (KSB).

Acara Baksos dalam rangka memeriahkan Hari Juang Kartika tersebut diikuti sekitar 3000 orang dengan berbagai macam kegiatan diantaranya pengobatan massal dan kegiatan tambahan.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP., dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kasdam IX/Udayana menyampaikan, dalam Bakti Sosial kali ini dilaksanakan beberapa kegiatan yaitu donor darah, pengobatan umum, pemeriksaan gigi, mata dan pembagian kaca mata baca, kitanan massal, pelayanan KB Kes, operasi bibir sumbing, katarak dan bedah minor serta pembagian kaki palsu, kursi roda dan pembagian sembako.

“Selain itu, dilaksanakan juga kegiatan Karya Bakti berupa bedah rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia, penghijauan, anjangsana ke Warakawuri dan bazar,”ujarnya.

“Kegiatan Bakti Sosial dan Karya Bakti dilaksanakan ini merupakan wujud kemanunggalan TNI -Rakyat bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Provinsi NTB dan Kabupaten Sumbawa Barat serta Yayasan Smile Train untuk membantu meringankan beban masyarakat sesuai dengan tema Hari Juang Kartika Tahun 2018 yaitu “TNI Angkatan Darat Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat,” ungkap Pangdam.

Pangdam mengungkapkan, dalam kegiatan ini juga akan dilaksanakan penyuluhan Narkoba, PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), Stunting, Parenting Paud, penyuluhan CA Cervix dan pelayanan IVA Test.

Mengakhiri sambutannya, Jenderal Bintang Dua tersebut mengucapkan selamat Hari Lahir Provinsi Nusa Tenggara Barat Ke-60 tanggal 17 Desember 2018 dan Kabupaten Sumbawa Barat Ke-15 tanggal 20 November 2018. “Semoga ke depan lebih maju, berkembang pesat dalam semua aspek dan lebih berkhidmat, amanah, religius dan berdaya saing untuk mewujudkan NTB Gemilang,”harapnya.

Sementara itu Bupati Sumbawa Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM., mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri yang sudah luar biasa bersama-sama membantu masyarakat Sumbawa Barat dalam setiap event terutama saat bencana gempa yang melanda NTB khususnya KSB.

“Terpilihnya daerah KSB sebagai tempat penyelengaraan Baksos dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tingkat Kodam IX/Udayana merupakan suatu kehormatan bagi kami masyarakat Sumbawa Barat, dengan demikian akan dapat menambah kedekatan antara masyarakat dengan TNI,” pungkasnya.

Kegiatan baksos tersebut berupa 1450 paket sembako dibagikan kepada masyarakat, semen sebanyak 3000 sak, 2.933 peserta pengobatan massal, penanaman pohon sebanyak 281.250 pohon di seluruh kodim jajaran Korem 162/WB.

Selain itu ada Bedah Rumah/RTLH sebanyak 20 unit rumah tersebar di wilayah Korem 162/WB yang berkerjasama dengan Dinas PUPR NTB dan Pembangunan Kembali sekolah SDN 5 Labuhan Lombok Kabupaten Lombok Timur sebanyak 6 Kelas, berkerjasama dengan PT. IPPS dengan anggaran sebanyak Rp.450.000.000,-.

Kegiatan ini turut dihadiri Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., Aster Kasdam IX/Udayanan, Staf ahli Pangdam IX/Udayana, Kabalakdam IX/Udayana, para Kasi dan Dandim se-jajaran Korem, Dan/Ka Satdisjan, Dirut PT. AMNT, Kapolres Sumbawa Barat, para SKPD dan Camat se KSB, tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan masyarakat KSB.

Usai membuka kegiatan bakti sosial, Kasdam IX/Udayana bersama rombongan melaksanakan penanaman pohon secara simbolis di KTC Kantor Bupati KSB dan Anjangsana Danrem 162/WB ke Kampung Sampir didampingi Kasrem, Dandim 1607/Sumbawa dan Dandim 1628/Sumbawa Barat, Pasi Bahkti dan Danramil.

Leave a Reply