Kodam V/Brawijaya

Kodim 0824/Jember Bersama Yonif Raider 515/9/2 Kostrad Bantu Penanggulangan Bencana.

Oleh 25 Des 2018 No Comments
#TNIAD 

JEMBER – tniad.mil.id -Hujan deras yang turun sepanjang hari sejak Sabtu (22/12/2018), mengakibatkan beberapa lokasi di Kabupaten Jember mengalami musibah bencana baik banjir maupun tanah longsor di beberapa wilayah di Kabupaten Jember.

Banjir yang melanda warga Desa Sukorejo Bangsalsari, Desa Curah lele Balung, Desa Glundengan Wuluhan, Desa Karanganyar Ambulu sudah relatif surut dan warga yang mengungsi sudah kembali kerumah masing-masing.

Koramil bersama masyarakat dan aparat terkait membantu pembersihan rumah dan lokasi terdampak banjir tersebut.

Dalam upaya langkah tanggap darurat yang dilakukan sejak hari Minggu (23/12/2018), pasukan TNI dari Kodim 0824 dibantu Yonif Raider 515/9/2 Kostrad yang bermarkas di Tanggul melaksanakan kegiatan pembersihan puing-puing reruntuhan longsor, lumpur yang mengganggu aktifitas masyarakat serta mengevakuasi korban ke lokasi yang lebih aman.

Kondisi bencana yang memerlukan penanganan khusus diantaranya di Kencong dan di Sumberbaru, sehingga kekuatan pasukan difokuskan pada wilayah tersebut.

Personel Kodim 0824/Jember dengan kekuatan 50 orang di arahkan ke wilayah terdampak bencana di Kecamatan Kencong sebanyak 30 orang dan dibwilayah terdampak bencana Kecamatan Sumberbaru 20 orang.

Untuk Pasukan dari Yonif Raider 515/9/2 Kostrad mengeluarkan kekuatan dua Peleton diantaranya satu Peleton sekitar 30 orang membantu di wilayah terdampak di Kecamatan Kencong diantaranya di Desa Cakru, Desa Paseban, Desa Kraton dan Desa Cakru dan satu Peleton membantu wilayah terdampak di Kecamatan Sumberbaru yaitu Desa kali Glagah, Desa Sumberagung dan Desa Gelang.

Personel Yonif 519/9/2 Kostrad difokuskan membantu penyaluran logistika bantuan berupa makanan dan kegiatan lainnya dalam membantu korban terdampak bencana.

Kegiatan penanggulangan pada hari Senin (24/12/2018) mulai Pukul 07.00 Wib, TNI bersama BPBD, Basarnas, relawan dan masyarakat di Kecamatan Sumberbaru melaksanakan pembersihan lokasi pasca banjir di Desa Sumberagung.

Selain itu juga melaksanakan pembersihan lumpur longsoran yang ada di rumah-rumah warga dan jalan desa Kaliglagah dan Desa Gelang.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah melaksnakan langkah tanggap darurat sejak hari Minggu lalu.

” Kita bersama-sama membantu saudara kita yang tertimpa musibah dan semoga diberi kesabaran atas musibah ini. Dihararpakan beberapa hari kedepan, warga dapat beraktifitas kembali dengan normal,” ujar Dandim.

Pada kegiatan ini juga turut serta Danyonif Raider 515/0/2 Kostrad Mayor Inf Toni Oki Priyono yang langsung memimpin anggotanya.

Berita Terkait

Komentar