TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Lomba Jurnalistik Ramaikan Kegiatan TMMD 2018

By 06 Dec 2018 Dinas Penerangan
WhatsApp Image 2018-12-06 at 8.30.39 AM

JAKARTA TIMUR, tniad.mil.id – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2018 ini, tidak hanya terkait dengan pembangunan fisik dan non fisik yang dilakukan anggota Satgas TMMD dan masyarakat semata, melainkan keterlibatan para jurnalis dari berbagai jenis media dalam kegiatan tersebut. Ini terlihat pada saat pengumuman pemenang Lomba Karya Jurnalistik 2018 yang disampaikan saat Rapat Paripurna (Rapurna) TMMD yang dilaksanakan di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/12/2018).

“Lomba Jurnalistik TMMD kali ini, kita buatkan format baru. Tidak hanya bagi Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD saja, melainkan juga bagi para Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) dan para jurnalis, baik media Elektronik, Cetak maupun Online,” terang Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya, ketika ditemui saat jeda Rapurna (coffee break).

Lebih lanjut, Candra menyampaikan bahwa program TMMD yang menurutnya sangat mulia ini, akan kurang bermakna jika tanpa keterlibatan media.

“Kita tahu bersama, saat ini peran media sangat luar biasa. Tidak hanya untuk mendukung kebutuhan informasi publik namun juga sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas pelaksanaan suatu kegiatan baik untuk kepentingan internal, masyarakat maupun pemerintah serta berbagai pihak lainnya,”urainya.

“Ibaratnya, kegiatan TMMD yang kita lakukan bersama pemerintah maupun pihak lainnya ini, seperti masakan tanpa garam lah,” imbuh Candra seraya tersenyum.

Menurutnya lagi, publikasi TMMD yang masif dilakukan oleh para insan media juga dapat memberikan inspirasi kepada berbagai pihak, untuk sama-sama terlibat dalam berbagai program pembangunan di segala bidang.”Ini sangat positif, perluasan informasi dari rekan media dapat menginspirasi berbagai pihak untuk bergotong-royong membangun bangsa. Ya, tentunya sesuai kemampuan,”katanya.

Lulusan Akmil 1991 ini juga menyampaikan terima kasih atas kepedulian para jurnalis maupun media yang telah berpartisipasi secara aktif dalam mempublikasikan kegiatan TMMD yang dilakukan di 150 wilayah selama tahun ini.

“Hubungan erat dan kelekatan ini, diharapkan tentunya tidak hanya dalam kegiatan TMMD saja, namun juga dalam berbagai kegiatan lainnya,”terangnya.

“Khusus terkait dengan kegiatan TMMD sendiri, sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi para jurnalis dan media, kita berikan penghargaan melalui lomba Jurnalistik TMMD,” imbuh Candra.

WhatsApp Image 2018-12-06 at 8.30.39 AM (1)

Setelah acara sambutan dari Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster Kasad) Mayjen TNI Supartodi, diumumkan pemenang lomba jurnalistik TMMD dimana Kodim 0736/Batang, Kodim 0720/Rembang dan Kodim 0732/Sleman (ketiganya merupakan jajaran Kodam IV/Dip) sebagai juara pertama, kedua dan ketiga pada Katagori Satgas TMMD.

Hasil lainnya, juara pertama Kategori Wartawan Media Online dan Cetak diraih Imam Mubarok dari merdeka.com (Online) dengan judul “Prajurit Datang Ringankan Beban Warga Lereng Wilis” (Kodim 0809/Kediri). Selanjutnya juara kedua, Yusni Hardi dari Mata Buana (Cetak) dengan judul “Pengabdian Tanpa Batas di Bukit Malilingin” (Kodim 1003/Kandangan), dan juara ketiga, Muhammad Rifqi Hidayatullah dari Kaltim Pos (Cetak) dengan judul “Buka Isolasi, TNI Bangun Kemanunggalan Bersama Warga, Desa Melintang Tak Lagi Water World”.

Selanjutnya untuk Kategori Wartawan Media Elektronik, juara pertama sampai ketiga masing-masing diraih oleh Rahman Hidayat dari TVRI dengan judul “Membentang Harapan Bersama TNI Melepas Keterisolasian Melintang”(Kodim 0906/Tenggarong), Siswanto Saputro dari NET TV dengan judul “Jaga NKRI, TNI Bangun Generasi Paham Ideologi RI” (Kodim 0720/Rembang), serta Aan Prayogo dari Kompas TV dengan judul “Bersama Membangun Untuk Generasi Bangsa”(Kodim 0419/Tanjab).

WhatsApp Image 2018-12-06 at 8.30.40 AM

“Terakhir, dalam Kategori Penerangan Kodam (Pendam) yang baru pertama kali dilombakan ini, juara pertama diraih oleh Pendam I/Bukit Barisan, juara kedua oleh Pendam VI/Mulawarman dan juara ketiga Pendam Jaya/Jayakarta,”pungkas Candra.

Seluruh pemenang lomba memperolah hadiah piala dan uang pembinaan yang diserahkan oleh Irjen TNI Letjen TNI Muhammad Herindra, M.A., M.Sc. dan Aster Kasad Mayjen TNI Supartodi, S.E., M.Si. Uang pembinaan yang diberikan kepada juara pertama sebesar Rp. 15 juta, juara kedua Rp. 12,5 juta dan juara ketiga Rp. 10 juta.

Selain pengumuman pemenang Lomba Jurnalistik TMMD, pada Rapurna TMMD ke-39 ini juga menampilkan tari Bhinneka Tunggal Ika pada awal acara dan pameran dokumentasi foto-foto hasil kegiatan Satgas. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Lomba Jurnalistik Ramaikan Kegiatan TMMD 2018