Dinas Penerangan

Manfaatkan Teknologi Informatika, Dispsiad Usung Sinergitas Antar Satuan

By 22 Dec 2018 No Comments
IMG-20181222-WA0022
#TNIAD #TNI-AD

BANDUNG, tniad.mil.id,-Dalam rangka mendukung dan memberikan pelayanan
pemeliharaan dan perawatan kondisi psiklogis prajurit dan keluarganya, Dinas Psikologi Angkatan Darat (Dispsiad) agar lebih mempertajam tugas, fungsi dan perannya. Tersebut disampaikan Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat (Kadispsiad) Kolonel Cku Dr. Eri Radityawara Hidayat, MBA., MHRMC dalam rilis tertulisnya, Sabtu (22/12/2018).

“Harapan dan penekanan tersebut disampaikan Aspers Kasad (Asisten Personel Kepala Staf Angkatan Darat) dalam amanat tertulisnya pada kegiatan Evaluasi Psikologi Angkatan Darat yang dilaksanakan kemarin,” ujar Eri Hidayat, demikian panggilan akrabnya.

Disampaikannya bahwa kegiatan evaluasi tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap akhir tahun.

“Kali ini dilaksanakan selama dua hari dan untuk meningkatkan maupun memperluas pengetahuan para peserta tentang peran psikologi, kita hadirkan narasumber yaitu Deden Taufik Ibrahim, dengan topik pembahasan Sistem Informasi Psikologi,”ungkapnya.

Kegiatan evaluasi Psikologi Angkatan Darat dilaksanakan mulai tanggal 20 s.d 21 Desember 2018 di Gedung CAT 5 Dispsiad, Bandung dan dihadiri oleh 63 peserta dari berbagai satuan TNI AD. Adapun tema yang diusung yaitu “Melalui Sinergitas Antar Satuan dan Pemanfaatan Teknologi Informatika Kita Tingkatkan Kinerja Dipsiad Dalam Mendukung Tugas Pokok TNI AD”.

“Dalam amanatnya, Aspers Kasad juga
mengatakan bahwa Sisfo Psi (Sistem Informasi Psikologi) kedepan harus mampu berintegrasi dengan satuan-satuan lain sebagai pengguna, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih luas, akurat, realtime, efektif, efisien dan aman,” kata Kadispsiad.

“Oleh karenanya, selain meningkatkan kualitas SDM personel psikologi, masing-masing Dinas Psikologi setiap matra yang hadir, juga sepakat akan mengembangkan berbagai penelitian dan alat tes psikologi yang dapat digunakan di setiap matra,”sambungnya.

Selanjutnya Kadispsiad menjelaskan bahwa pada hari kedua, kegiatan rapat yang dilakukan lebih bersifat intern, diantaranya membahas tentang mekanisme pelaksanaan Psikologi di Satuan Bais TNI dan Psikologi Akademi Militer (Akmil) serta sosialisasi DIPA TA 2019.

‘’Sebagaimana kita ketahui, Psikologi Akmil memiliki peran sentral dalam mendukung kondisi psikologis yang baik bagi Taruna/Taruni dan personel Akmil. Ini tercermin dari besarnya perhatian Pimpinan Akmil dengan keluarnya akun Psi Akmil,’’ tandasnya.

Selain itu, Kadispsiad menyampaikan bahwa dengan adanya sosialisasi DIPA Tahun Anggaran 2019, diharapkan personel Dispsiad dapat lebih siap dalam melaksanakan berbagai kegiatan dengan lebih efektif dan efisien.

“Disadari tantangan dan tuntutan Dispsiad kedepan lebih berat, maka kami sangat sangat terbuka dan mengharapkan adanya saran dan masukan, baik untuk pengembangan organisasi Dispsiad maupun pelayanan psikologi bagi prajurit dan keluarganya,”pungkasnya.(Dispenad).

Leave a Reply