Skip to main content
Berita Satuan

Panglima TNI : Tugas Pokok Paspampres Merupakan Tugas Yang Menantang

Dibaca: 578 Oleh 20 Des 2018Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Tugas pokok Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) merupakan tugas yang sangat menantang, yaitu melaksanakan pengamanan secara fisik langsung, jarak dekat dan setiap saat kepada Presiden RI, Wakil Presiden RI dan mantan Presiden serta Wakil Presiden RI beserta keluarganya.

Demikian disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dalam amanatnya saat memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspamres) dari Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) kepada Brigjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., bertempat di Lapangan Mako Paspampres, Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2018).

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Paspampres juga harus memberikan perlindungan kepada Tamu Negara setingkat Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan beserta keluarganya, obyek VVIP, serta tugas-tugas protokoler khusus kenegaraan.

Panglima TNI mengatakan bahwa tantangan tugas sebagai Pasukan Pengamanan Presiden selain menjamin keamanan VVIP secara profesional, juga harus menunjukkan standar kemampuan, sehingga dapat membangun profil Paspampres yang disegani. “Kemampuan ini menunjukkan profesionalitas dan keberhasilan dalam setiap pengamanan VVIP, dengan sendirinya mencerminkan kewibawaan negara di mata dunia,” tuturnya.

Baca juga:  'Terima Kasih TNI' Disampaikan Peserta Aksi Damai 2 Desember

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengingatkan, setiap langkah dan tindakan yang diambil memiliki nilai-nilai multidimensional. Paspampres adalah perisai sekaligus etalase simbol negara dan simbol pemerintahan. “Dibalik kesiapsiagaan dan kewaspadaan setiap saat dituntut untuk menampilkan tata krama, sopan santun, ramah, sekaligus tegas dan tidak ragu-ragu bertindak jika diperlukan,”tegasnya.

Ditambahkan oleh Panglima TNI bahwa tantangan yang dihadapi saat ini semakin kompleks. Kemajuan teknologi serta perubahan paradigma dalam memandang persoalan, termasuk dalam penggunaan berbagai instrumen yang tersedia, menuntut Paspampres untuk tidak berpuas diri. “Keberhasilan pengamanan yang telah dilaksanakan selama ini hendaknya memacu Paspampres dalam terus menerus memperbaiki dan menyempurnakan seluruh taktik, teknik, dan prosedur yang ada,” pungkasnya.

Turut hadir dalam upacara tersebut diantaranya Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman dan Kadivpropam Polri Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel