Skip to main content
Dinas Penerangan

Praja Bakti taruna Akmil di Wonosobo, Belajar dan Mengabdi kepada masyarakat

Dibaca: 239 Oleh 03 Des 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

WONOSOBO, tniad.mil.id,- Taruna Akademi Militer (Akmil) melaksanakan pembelajaran tentang pembinaan teritorial dan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan Latihan Praja Bakti. Hal tersebut di sampaikan oleh Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Akmil Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, S.E., saat pembukaan latihan Latihan Praja Bakti Taruna Tk. II dan III TA. 2018/2019, lapangan Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Minggu (2/12/2018).

Upacara pembukaan Latihan Praja Bakti yang dihadiri Wagub Akmil ini, di pimpin oleh Bupati Wonosobo Eko Purnomo dan diikuti sebanyak 470 Taruna/Taruni Akmil.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wagub Akmil, Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengatakan bahwa kegiatan latihan yang akan dilaksanakan selama enam hari ini (mulai 2 s.d 7 Desember 2018), pada dasarnya untuk memberi pembelajaran kepada para Taruna-Taruni terkait dengan masalah teritorial. “Selain itu, agar para Taruna-Taruni dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan masyarakat dan membaur serta membantu masyarakat,” ujar Dudung dalam sambutannya tersebut.

Baca juga:  Wakasad Lepas Mudik Bersama Keluarga Besar Mabesad 1438 Hijriyah

“Dalam latihan ini, para Taruna dan Taruni akan melakukan kegiatan karya bakti, komunikasi sosial dan melakukan pembinaan ketahanan wilayah. Kemudian dengan keberadaan para Taruna-Taruni, dapat menarik minat para anak-anak SMA untuk mengabdikan diri di instansi militer atau Akademi Militer, pada khususnya,” sambungnya.

Program latihan Praja Bakti yang rencananya dilaksanakan di dua tempat yaitu Kecamatan Kaliwiro dan Wadaslintang ini, dilaksanakan sebagai upaya membantu pemerintah, dalam memberdayakan wilayah pertahanan dan membantu tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya ditempat yang sama, dalam sambutannya Bupati Wonosobo selain mengucapkan selamat datang kepada seluruh Taruna/Taruni Akmil serta Wagub Akmil dan stafnya, juga menyampaikan harapannya terhadap pelaksanaan Praja Bakti ini.

“Semoga ini dapat memberikan dampak positif terhadap perubahan paradigma pembangunan masyarakat, lebih partisipatif, mandiri, dan mengoptimalkan pemanfaatan potensi daerah setempat secara lebih bijaksana dan dengan berbasis pada pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan hidup,” tegasnya

Lebih lanjut Bupati menceritakan jika ditinjau dari segi kondisi geografis, Kabupaten Wonosobo sangat mendukung sistem pertanian dan menjadikannya sebagai salah satu sumber mata pencaharian masyarakat. Selain itu, dengan panorama alam yang indah dan natural, serta potensi budaya yang memikat dan khas, menjadikan Wonosobo sebagai daerah kunjungan wisata kedua di Jawa Tengah yang terkenal sampai ke kancah internasional dan tentunya memberikan sumbangan cukup besar bagi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Wonosobo.

Baca juga:  Pastikan Kesuksesan TMMD 106, TNI AD Terjunkan 25 Pati Sebagai Tim Wasev

“Selain itu, Wonosobo merupakan daerah yang relatif aman dan damai, meskipun dengan beragam kemajemukan masyarakatnya. Kerukunan beragama juga terjamin dengan baik, hal tersebut didukung dengan adanya Forum Kerukunan Umat Beragam (FKUB) dan adanya Perda Ramah HAM,” ujar Eko Purnomo.

Sementara itu setelah upacara pembukaan, Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli, S.E. menjelaskan bahwa selain bertujuan untuk pembelajaran terkait permasalahan teritorial, para Taruna/Taruni Akmil juga akan melaksanakan kegiatan Kerja Bakti.

“ Bersama dengan masyarakat, Adik- adik Taruna maupun Taruni Akmil akan melaksanakan dua kegiatan yaitu kegiatan fisik berupa karya bakti, meliputi penataan dan perbaikan jalan. Pengaspalan jalan, pemasangan drainase, perbaikan saluran irigasi, pengecatan dan pembersihan mushola dan pembersihan saluran irigasi, pembuatan agrowisata serta pelebaran jalan,” terang Fauzan.

“Sedangkan kegiatan non fisik, berupa promosi Taruna dan Taruni Akmil, penyuluhan bela negara dan narkoba. Selain itu dilaksanakan pelatihan Marching Band, pelatihan PBB, anjangsana, Bakti Sosial, riset sosial dan stand pameran Akmil,” pungkasnya.

Baca juga:  Aspers Kasad : Laksanakan Tugas Dilandasi Kebenaran, Keikhlasan dan Kejujuran

Selain Wagub Akmil dan Dandim 0707/Wonosobo, hadir dalam acara tersebut, Inspektur Akmil Kolonel Inf Yoyo Subrolarang, Dirbinlem Kolonel Czi Tedja Sukma Ekaputra, Dirbinlitbang Kolonel Inf Terry Tresna Purnama, Danmentar Akmil Kolonel Inf Ari Yulianto, para Kepala Departemen Akmil dan Para Kabalak Akmil, Wakapolres Wonosobo Kompol Sopanah, segenap Forkominda Wonosobo, Muspika Kaliwiro dan Wadaslintang.(Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel