Skip to main content
Dinas Penerangan

Sambut HJK 2018 terpusat di Ambarawa, TNI AD gelar berbagai kegiatan menarik

Dibaca: 267 Oleh 08 Des 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

AMBARAWA, tniad.mil.id,- Sebagai tuan rumah peringatan Hari Juang Kartika (HJK) 2018 terpusat, Komando Daerah Militer IV/Diponegoro (Kodam IV/Dip) menggelar berbagai kegiatan yang menarik dan melibatkan masyarakat. Demikian diungkapkan oleh Kapendam IV/Dip Kolonel Arh Zainudin, S.H,M.H. dalam rilis tertulisnya, Semarang, Sabtu (7/12/2018).

Tahun ini, peringatan HJK atau hari lahirnya TNI AD dilaksanakan secara terpusat di Ambarawa. Tujuh puluh tiga tahun lalu, tepatnya 15 Desember 1945, Tentara Kemerdekaan Rakyat (TKR) dibawah pimpinan Jenderal Soedirman (waktu itu masih berpangkat Kolonel) berhasil memukul mundur pasukan Belanda dan merebut kembali wilayah Jawa Tengah.

“Kini, menjelang peringatan peristiwa yang sangat heroik tersebut, mulai hari Jumat (7/12/ 2018), kita menggelar pameran Alutsista TNI AD di lapangan Pangsar (Panglima Besar) Jenderal Soedirman, Ambarawa,” terang Zaenudin.

Berbagai rangkaian peringatan HJK lainya pun tidak kalah menariknya seperti Festival Band (Sabtu, 8/12/2018) dan 3Fun atau Fun Bike, Fun Walk dan Fun Aerobik (Minggu, 9/12/2018).

“Puncak acara peringatan (Sabtu,15/12/2018) akan dilaksanakan di Ambarawa, dan rencananya upacara langsung dipimpin Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa. Berbagai atraksi akan ditampilkan seperti terjun payung, flypass helly, Marching Band Taruna Akmil dan berbagai atraksi menarik lainnya,” kata Zenudin lebih lanjut.

Baca juga:  Apel Gelar Pasukan Dan Defile Dalam Rangka Serah Terima Jabatan Pangdam I/Bb

” Sebagaimana tema kegiatan, TNI AD mengabdi dan membangun bersama Rakyat, mari kita sambut peringatan HJK ini bersama-sama, sebagai bentuk kebanggaan dan penghormatan para Pahlawan yang berhasil menegakan kehormatan bangsa Indonesia,” tegas Zaenudin.

Lapangan Pangsar Jenderal Soedirman, Ambarawa yang menjadi pusat aktifitas peringatan HJK, sejatinya hanyalah lapangan olahraga, namun dengan adanya berbagai Alutsista TNI AD, kini berubah layaknya pangkalan satuan perang yang dipenuhi masyarakat dari berbagai usia.

“Silakan, siapapun boleh datang dan saksikan langsung. Apapun yang TNI AD miliki, semuanya milik rakyat. Kita (Prajurit) hanyalah pengemban amanah rakyat untuk mengoperasionalkan Alutsista tersebut, guna mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI” tandas lulusan Akademi Militer tahun 1996 ini.

Dalam pameran tersebut digelar berbagai Alutsista teranyar TNI AD, seperti Helly Apache, Rudal Starstreak (rudal canggih artileri pertahan udara), Tank Leopard R1 dan R4 milik satuan Kavaleri, dan Tank M113. Panser Anoa buatan PT Pindad, Meriam 76 dan 155 Caesar milik Artileri Medan, Kapal Motor dan berbagai persenjataan dan kendaraan tempur lain.

Baca juga:  232 Offroader Meriahkan Adventure Jeep Akmil

“Semuanya bisa dilihat bahkan dipegang dan dinaiki sambil berfoto selfi bersama keluarga maupun sahabat. Gratis, bahkan ada door prize,” pungkas Kapendam. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel