TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Ulos Simbol Silaturahmi Konga UNIFIL dengan Warga Lebanon Selatan

By 30 Dec 2018 Dinas Penerangan
WhatsApp Image 2018-12-30 at 12.34.34

LEBANON, tniad.mil.id,- Kain Ulos asli Sumatera Utara yang menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia menjadi simbol silaturahmi antara Kontingen Indonesia dengan masyarakat Lebanon. Demikian disampaikan Komandan Kontingen Garuda (Konga) UNIFIL 2018/2019 Kolonel Inf Aji Mimbarno dalam rilis tertulisnya, Lebanon Selatan, Sabtu (29/12/2018).

Dijelaskannya bahwa acara simbolik tersebut dilakukan saat anggota Kontingennya melaksanakan silaturahmi dengan kelompok agama Katolik yang mendiami sebagian besar wilayah Lebanon Selatan.

“Kemarin (Jumat, 21/12/2018), Rombongan CIMIC (Civil military cooperation) yang terdiri dari, Mayor Candra, Kapten Enrico, Hanady LA, dan anggota Indobatt (Indonesian Battalion) lainnya, melaksanakan kunjungan ke sana dan mendapatkan sambutan hangat dari Pemimpin Besar Agama Katolik setempat, Uskup Mgr. Mikhail Abrass,” jelas Aji Mimbarno.

Pada saat pertemuan tersebut, menurut Aji Mimbarno, atas berbagai kegiatannya bersama dengan masyarakat,
Uskup Mikhail mengucapkan terima kasih kepada anggota Konga. Karena menurut Uskup Mikhail, para prajurit TNI yang bertugas di sana banyak memberikan inspirasi dan pandangan baru bagi masyarakat Lebanon Selatan.

“Bahkan menurut Uskup Mikhail, sebagian masyarakatnya mungkin punya beberapa pandangan tentang keberadaaan UNIFIL. Akan tetapi, hari ini mereka menyadari bahwa kita semua adalah teman. Unifil ada di sini untuk membantu Lebanon,” tandas mantan Asops Kasgar II Bdg dan Cimahi ini.

Kemudian diungkapkannya juga bahwa saat pertemuan tersebut, Uskup Mikhail menjelaskan tentang kegiatan kemanusiaan yang diselenggarakan oleh Keuskupan Tyre.

“Demikian juga sebaliknya, Mayor Candra menjelaskan tentang Budaya Indonesia kepada Uskup Mikhail dan koleganya yang hadir saat itu. Sebagai bentuk tali asih dan mempererat tali persahabatan dan persaudaraan, dalam kesempatan tersebut, selain Mayor Candra juga menyerahkan Kain Ulos Asli Sumatera Utara kepada Uskup Mikhail,” jelasnya.

Ditempat yang sama, senada dengan yang disampaikan Komandan Kontingen Indonesia UNIFIL 2018/2019,Mayor Candra menyatakan bahwa Kain Ulos asli Sumatera Utara ini merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang menjadi kebangaan Bangsa Indonesia.

“Dalam selembar kain ini terkandung kearifan lokal serta sejarah dan kekayaan budaya Indonesia. Untuk itu, Kami berharap kain ini dapat simbol jalinan silaturahmi kontingen Indonesia dengan masyarakat Lebanon,” ungkap Mayor Candra.

“Saat pertemuan tersebut, Uskup Mikhail sangat senang dan memberikan apresiasi atas berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Kontingen Garuda Unifil di sini (Lebanon Selatan),” pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa Satgas CIMIC dari Kontingen Indonesia telah bergabung dalam Satgas Peacekeeper di Lebanon sejak Tahun 2010. Satgas CIMIC ini berada langsung di bawah Komandan Unifil (Force Commander) dengan komposisi personel gabungan dari Indonesia dan Italia.

Tugas Utama Satgas ini adalah untuk mendukung implementasi dari resolusi Dewan Keamanan PBB 1701, dalam konteks sebagai penghubung antara Unifil dengan masyarakat lokal. Tujuannya agar citra baik Unifil di mata masyarakat Lebanon tetap terperihara. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Ulos Simbol Silaturahmi Konga UNIFIL dengan Warga Lebanon Selatan