Kodam IV/Diponegoro

Aparat Teritorial Wajib Jaga Netralitas TNI dan Tidak Terlibat Politik Praktis

By 09 Jan 2019 No Comments
bra1
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam menghadapi Pemilu mendatang, personel TNI AD senantiasa menjaga dan memegang teguh netralitas serta tidak terlibat dalam politik praktis. Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto kepada seluruh jajarannya saat memberikan pengarahan di Aula Makodim 0716/Demak, Selasa (8/1/2019).

Sebagai salah satu tugas seorang komandan, pengarahan kepada anak buah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan, baik dalam bentuk Jam Komandan secara terpusat atau tersebar.

“Selain memegang teguh netralitas, sebagai prajurit kita telah bertekad dan berkomitmen untuk tidak terlibat, dilibatkan ataupun melibatkan diri dalam politik praktis,” tegas Dandim 0716/Demak

“Dalam bentuk apapun. Kita harus berada diatas kepentingan seluruh rakyat dan bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0716/Demak kembali menekankan berbagai hal terkait sikap netralitas TNI yang diperintahkan oleh Panglima TNI.

“Khususnya prajurit yang bertugas di Koramil, agar selalu berpedoman pada buku netralitas TNI dalam Pilleg dan Pilpers tahun 2019 yang kalian pegang. Jika menghadapi kendala segera laporkan dan koordinasikan dengan pihak-pihak lain yang terkait,” tuturnya.

“Setiap Babinsa harus mengetahui perkembangan yang ada di wilayahnya, kalau ada pengaduan dari masyarakat bisa melalui Bawaslu,“ ujar Dandim.

Selain memberikan penekanan tentang netralitas TNI, Lulusan Akmil 1999 ini juga menekankan tentang pembinaan teritorial di wilayah Koramil jajarannya serta kinerja yang harus terus ditingkatkan dalam membantu permasalahan masyarakat di wilayah binaannya.

Dirinya menyampaikan, sebagai prajurit harus bangga dengan jati dirinya sebagai prajurit TNI terlebih yang bertugas di teritorial.

“Para Babinsa yang langsung bertemu dan berkomunikasi dengan masyarakat, sehingga Babinsa harus dapat mengetahui berbagai permasalahan masyarakat di wilayah binaannya”, himbau Abituren Seskoad tahun 2014 ini.

Dandim juga mengingatkan kepada seluruh anggotanya untuk tetap berlatih, meningkatkan kemampuan olah keprajuritan dan pembinaan fisik guna mendukung tugas-tugas di lapangan.

“Saat ini kita telah memasuki awal tahun 2019 untuk itu laksanakan program latihan yang sudah direncanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, karena ini merupakan program dari komando atas yang harus kita laksanakan. Bagi seluruh anggota Kodim 0716/Demak jangan lupa membina fisik untuk mendukung tugas-tugas yang lebih berat“, tegas Dandim. (Dispenad)

Leave a Reply