TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Karya Bakti Kodim 1619/Tabanan, Atasi Banjir Akibat Pendangkalan Aliran Air di Banjar Koripan

By 09 Jan 2019 Kodam IX/Udayana
bra3

JAKARTA, tniad.mil.id – Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1619/Tabanan melaksanakan karya bakti pembersihan dan pendalaman parit di beberapa wilayah Tabanan yang mengalami banjir. Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim 1619/Tabanan Letkol Inf Hasan Abdullah dalam keterangan tertulisnya, Tabanan, Bali, Rabu (9/1/2019).

Hujan deras melanda Kabupaten Tabanan beberapa hari ini, mengakibatkan banjir dibebarapa wilayah, termasuk banjir di kompleks BCA Land Abian Tuwung, Banjar Koripan, Desa Banjar Anyar Kecamatan Kediri.

Dijelaskannya, banjir tidak hanya merendam kompleks perumahan warga, namun Lapangan Tembak Rindam IX/Udayana yang bersebelahan dengan perumahan warga juga terkena dampak dari banjir tersebut.

“Selain karena dipengaruhi oleh tingginya curah hujan, juga disebabkan oleh pendangkalan saluran air. Ini tidak hanya meredam perumahan warga, juga lapangan tembak Rindam,”ungkap Hasan Abdullah.

Kegiatan karya bakti Kodim 1619/Tabanan yang dilaksanakan bersama-sama dengan masyarakat ini, menurutnya sebagai solusi untuk mencegah dan mengatasi masalah banjir yang sering terjadi diwilayah tersebut.

“Kondisi ini akan dikoordinasikan lebih lanjut ke tingkat Kecamatan untuk mendapatkan solusi penanganan”, tegas Hasan Abdullah.

Sementara itu, Yudi Ketua Lingkungan setempat yang turut bekerja bakti bersama anggota TNI mengatakan bahwa banjir diwilayah tersebut sudah lama dan dampaknya semakin parah karena longsoran tanah yang terjadi menyumbat aliran air.

“Kendala ini sudah lama dilaporkan kepada pengurus lingkungan setempat namun tidak ada dana untuk perbaikan saluran air. Selain itu, wilayah aliran parit ini merupakan kewenangan Kabupaten,” terang Yudi

Dalam kesempatan tersebut, Kodim 1619/Tabanan mengerahkan alat berat dan bersama masyarakat membersihkan tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau alat berat. Untuk langkah selanjutnya, saluran parit ini perlu diperbaiki secara permanen guna mencegah terjadinya pendangkalan dan banjir lagi di kemudian hari. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Karya Bakti Kodim 1619/Tabanan, Atasi Banjir Akibat Pendangkalan Aliran Air di Banjar Koripan