TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim 1620/Lombok Tengah, Jaga Kerukunan Hidup Beragama

By 21 Jan 2019 Kodam IX/Udayana
bra6

JAKARTA, tniad.mil.id – Sebagai warga Negara Indonesia yang beragama, sudah menjadi kewajiban kita sebagai garda terdepan dalam merawat, menjaga dan melestarikan kerukunan dan toleransi umat beragama. Tersebut disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 1620/Loteng, Letkol Czi Prastiwanto, SE. M.I.Pol., saat menghadiri upacara Pujawali Umat Hindu, di Pura Prajaniti Gili Lebur, Asrama Kodim 1620/Lombok Tengah, Minggu (20/1/2019).

Dandim mengatakan, keberadaan Pura Prajaniti di tengah-tengah asrama Kodim Loteng ini merupakan simbol kebersamaan, persaudaraan dan keteladanan TNI untuk menjaga empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Semua agama yang ada mengajarkan tentang kasih sayang menuju kebahagiaan yang harmonis dan damai. Oleh karena itu, melalui perayaan Pujawali ini tentu Umat Hindu yang ada di Lombok Tengah telah dapat mengimplementasikan ajaran “Tri Hita Karana” yakni hubungan harmonis dengan Tuhan YME, dengan sesama dan dengan lingkungan alam semesta,” jelas Dandim.

Mengakhiri sambutannya, Akmil lulusan 2001 tersebut menghimbau kepada seluruh Umat Hindu khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Tengah untuk tetap menjaga kerukunan hidup umat beragama.

“Di tahun politik ini, mari kita jaga wilayah Kabupaten Lombok Tengah agar tetap kondusif dan jangan menebar isu-isu hoax dan tidak bermanfaat yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,”pungkasnya.

Adapun tema yang diangkat dalam peringatan Upacara Pujawali Umat Hindu di Lombok Tengah yakni “Melalui Pujawali Ini Mari Kita Perkuat Sinergitas dan Rasa Persaudaraan Menuju Kebahagiaan, Kedamaian Bersama dan Kita Bangun Kesadaran Diri Untuk Selalu Serasi di Intern dan Dengan Antar Umat Beragama Dalam Rangka Ikut Membangun Lombok Tengah Yang Sama-Sama Kita Cintai”.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua PHDI Kabupaten Lombok tengah I Komang Restu Sosiawan, S.Pd., maupun PHDI NTB dan Umat Hindu di Kabupaten Lombok Tengah. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Dandim 1620/Lombok Tengah, Jaga Kerukunan Hidup Beragama