Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Danrem 083/BJ : Simulasi Gulben di Banyuwangi, upaya mitigasi Bencana

Dibaca: 81 Oleh 06 Jan 2019Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

BANYUWANGI – tniad.mil.id – Simulasi Penanggulangan Bencana di Banyuwangi merupakan upaya salah satu upaya mitigasi bencana di wilayah Jawa Timur. Tersebut disampaikan Komandan Korem (Danrem) 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo saat memantau simulasi simulasi penanggulangan bencana yang berlangsung di Pantai Mustika, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (5/1/2019).

Dijelaskannya, salah satu pertimbangan dilaksanakan kegiatan simulasi ini adalah maraknya terjadi bencana di berbagai wilayah Indonesia.

“Kita harus menggelar berbagai persiapan guna mengantisipasi dan menanggulangi , bencana yang mungkin terjadi setiap saat,” tegas Bagus.

Kegiatan simulasi ini, selain melibatkan personel TNI-Polri, juga menyertakan berbagai pihak seperti BPBD, Tagana, Dinas Kesehatan serta elemen masyarakat lainnya.

Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo mengatakan, simulasi penanggulangan bencana tersebut, setidaknya melibatkan 300 personel penanggulangan yang terdiri dari berbagai unsur.

“Tim penanggulangan juga dibekali pemahaman mengenai penanganan korban bencana, hingga meminimalisir resiko akibat bencana tersebut,” ujar Danrem.

Hal yang perlu ditekannkan dalam simulasi saat ini, yang tidak kalah penting menurutnya adalah kewaspadaan para personel penanggulangan dan sekaligus ketanggapan mereka dalam mengantisipasi potensi bencana.

Baca juga:  Inspiratif Sertu Masngut Bantu Pengobatan Kasinem, Janda Veteran Sakit Parah

“Simulasi ini sekaligus menguji Protap yang sudah diberlakukan sehingga dipahami oleh personel yang terlibat dan tentunya masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana”, pungkas Danrem.

Dalam kunjungan tersebut, hadir juga Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan. (Dispenad).

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel