TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrindam III/Siliwangi Buka Pendidikan dan Latihan Dasar Kemiliteran Resimen Mahasiswa

bra6

JAKARTA – tniad.mil.id – Komandan Resimen Induk Militer Kodam (Danrindam) III/Siliwangi Kolonel Inf Indarto Kusno Hadi, S.I.P., S.H., M.H., membuka Pendidikan dan Latihan Dasar Kemeliteran Resimen Mahasiswa se-Jawa Barat gelombang II tahun 2019 yang bertempat di Lapangan Kujang Rindam III/Siliwangi, Jalan Manado, Kota Bandung. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Arh Hasto Respatyo dalam rilis tertulisnya, Selasa (29/1/2019).

Dijelaskan Kapendam, sebelum mengikuti pendidikan, para peserta terlebih dahulu mengikuti seleksi dan dapat mengikuti Pendidikan dan Latihan setelah dinyatakan lulus oleh Tim penguji. Tahapan-tahapan seleksi yang harus ditempuh diantaranya, seleksi administrasi, kesehatan, jasmani, akademik dan wawancara. Dari 494 orang peserta seleksi, yang dinyatakan lulus dan dapat mengikuti pendidikan dan latihan tercatat 251 orang se-Jawa Barat.

Sementara itu Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Indarto Kusno Hadi, S.I.P., S.H., M.H., dalam amanat pembukaannya mengatakan, sebagai negara besar dan penduduk terbanyak keempat di dunia serta negara maritim dengan ribuan pulau, bangsa yang bhineka dengan suku, ras dan agama.

“Dengan Kondisi tersebut, kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa negara kita rukun, damai dan bersatu. Kiprah Menwa sangat penting dalam menyikapi fenomena saat ini, karena Menwa memiliki kapasitas yang dirasa sangat pas untuk mencegah perpecahan dilingkungan akademis,” tuturnya.

Menurut Danrindam, Menwa harus mampu menangkal dan menyaring radikalisme yang masuk di lingkungan Kampus dengan cara menyebarkan semangat bela negara, kebanggaan dan kecintaan terhadap tanah air.

Diungkapnnya, generasi muda merupakan aset yang sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Melalui Diklatsarmil Menwa Mahawarman ini diharapkan para mahasiswa semakin meningkatkan kualitas insani dalam konteks bela negara.

“Generasi muda lah yang nantinya akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan suatu bangsa. Dengan momentum Diklatsarmil ini akan membentuk mahasiswa untuk menjadi elemen masyarakat terlatih,” ungkap Danrindam.

Ditegaskan Danrindam, keberadaan Menwa dalam struktur sosial kemasyarakatan masuk dalam katagori generasi muda yang terdidik dan terlatih, bahkan dapat menjadi pemimpin masa depan Bangsa Indonesia yang akan mampu merubah bangsa dan negara kearah yang lebih baik.

Hadir pada acara tersebut, Asops Kasdam III/Siliwangi, perwakilan Korwil Kemenhan, perwakilan Kapolrestabes Bandung serta tamu undangan lainnya. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrindam III/Siliwangi Buka Pendidikan dan Latihan Dasar Kemiliteran Resimen Mahasiswa

03 min