Kodam Iskandar Muda

Jelang Pemilu 2019, Korem 012/TU Gelar Latihan Pengamanan

Oleh 29 Jan 2019 No Comments
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Komando Resort Militer (Korem) 012/Teuku Umar menggelar latihan kader pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019. Tersebut disampaikan Kepala Staf Korem (Kasrem) 012/TU, Letkol Inf Yudiono, S.Ag., M.M., dalam rilisnya, di Yonif 116/GS, Meulaboh, Aceh, Senin (28/1/2019).

Dijelaskan oleh Kasrem, kegiatan tersebut diikuti oleh personel TNI dari Korem 012/TU terdiri dari prajurit Kodim 0105/Abar, Kodim 0116/Nara, Yonif 116/GS dan perwakilan dari TNI AL. “Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko dalam amanatnya mengatakan, tujuan digelarnya latihan kader ini untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan satuan jajaran Kodam IM,” ujarnya.

“Diselenggarakannya latihan ini, agar prajurit TNI memiliki kesiapan dan kesiapsiagaan yang tinggi dalam mengamankan berlangsungnya Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 yang damai di wilayah Provinsi Aceh,” jelasnya.

Yudiono menegaskan, dalam latihan ini para peserta akan diberikan materi penyelenggaraan pemilu sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu yaitu komunikasi sosial, pembinaan ketahanan wilayah, prosedur dan mekanisme permintaan dan pemberian bantuan kepada Polri dalam rangka Kamtibmas.

Baca juga:  Dandim Bireuen lepas Ratusan Raiders Xtrime Trail Adventure Part 2

“Selain itu, ada penanggulangan kerusuhan massa, penanganan konflik sosial, pengamanan objek vital dan prosedur pengerahan pasukan untuk pelaksanaan pengamanan pemilu dengan cepat, baik terkait kebutuhan personel maupun materil,” ungkapnya.

Ditambahkan Kasrem, dengan adanya latihan ini diharapkan dapat terwujudnya sinergitas antara instansi terkait TNI-Polri dan Pemda setempat. “Kita ingin menghadirkan terwujudnya sistem komando, kendali, komunikasi dan informasi dalam pelaksanaan pengamanan pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019 di wilayah Provinsi Aceh,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dandim 0105/Abar Letkol Kav Nurul Dianto, para Dan/Kabalak jajaran Korem 012/TU dan Danyonif 116/GS Letkol Inf Arip Subagiyo serta sejumlah pejabat lainnya. (Dispenad)

Berita Terkait

Komentar