TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kepramukaan Latih Generasi Muda yang Kompetitif

3a (1)

JAKARTA, tniad.mil.id – Kepramukaan merupakan salah satu latihan bagi para generasi muda, khususnya anak usia sekolah, agar tumbuh menjadi generasi yang kompetitif. Tersebut disampaikan Dandim 1013/Muarateweh, Letkol Arh Abraham Kalelo dalam rilisnya, Murung Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (27/1/2019).

Dijelaskan Dandim, personel jajaran Kodim 1013/Muarateweh melalui kegiatan pembinaan Pramuka, terus melakukan upaya peningkatan dan penanaman jiwa nasionalisme dan patriotisme bagi generasi muda khususnya para pelajar.

“Selain itu, dengan berbagai materi pengetahuan dan keterampilan yang diberikan dapat membekali mereka sebagai generasi yang disiplin, kreatif, mandiri dan kompetitif,” tegasnya.

” Ini penting, di era globalisasi seperti sekarang, tidak hanya cukup dengan pengetahuan dan pendidikan secara formal saja, namun juga mereka harus di pacu dari berbagai kegiatan yang bersifat informal yang mengedepankan beberapa aspek tadi.,” Imbuhnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, dikatakan Abraham, pada hari Sabtu (26/1/2019) Babinsa Koramil 1013-13/Sungai Babuat, Serka Atma Wira Hadinata memberikan pelatihan kepramukaan kepada para siswa-siswi SMP Negeri 1 Sungai Babuat, Desa Tumbang Bantian, Kecamatan Sungai Babuat.

“Kita ingin mengambil peran dalam menempa generasi penerus bangsa agar menjadi andal dan tidak mudah menyerah. Salah satu peran yang diambil adalah memberikan pelatihan pramuka kepada siswa SMP Negeri 1 Babuat,”sambung Abraham Kalelo.

Sementara itu Serka Atma Wira Hadinata mengungkapkan, pelatihan pramuka sangat perlu diberikan kepada para pelajar agar mereka menjadi disiplin dan kompak serta memiliki semangat dan motivasi dalam belajar.

“Mereka adalah generasi penerus bangsa. Kita berkewajiban untuk menyiapkan mereka mulai dari sekarang,” tambahnya.

Selain melatih pramuka, Arma Wira juga menyampaikan kepada siswa agar menjauhi narkoba, pergaulan bebas dan tindakan-tindakan yang dapat merusak diri.

“Sebagaimana kodratnya, remaja seusia mereka penuh dengan gejolak dan selalu ingin coba-coba. Sehingga perlu dikenalkan berbagai hal yang terkesan menantang namun sesungguhnya beresiko tinggi,”tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya berpesan kepada para pelajar untuk meraih cita-cita harus terus belajar dan menimba ilmu sampai akhir hayat serta menjauhi berbagai tindakan yang merusak diri sendiri dan orang lain.(Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kepramukaan Latih Generasi Muda yang Kompetitif