TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 1612/Manggarai Pelopori Ribuan Orang j Kebersihan “Ruteng Perangi Sampah”

By 28 Jan 2019 Kodam IX/Udayana
4a (4)

JAKARTA, tniad.mil.id – TNI AD dorong cinta dan pelestarian lingkungan melalui Gerakan Masyarakat Peduli Sampah (GMPS).Tersebut diungkapkan Dandim 1612/Manggarai, Letkol Inf Rudi Markiano Simangunsong,S.Sos dalam rilisnya, Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Senin (28/1/2019).

Dijelaskan Dandim, bahwa pada hari Jumat (25/1/2019) kemarin, bersama anggotanya turut mengambil bagian dalam deklarasi dan aksi “Ruteng Perangi Sampah” yang dipelopori oleh GMPS (Gerakan Masyarakat Peduli Sampah) Ruteng-Manggarai, di Lapangan Motang Rua.

“Gerakan yang dimotori Firansius Kamilus Otwin Wisang, S.Sn dan diikuti sekitar 1500 orang ini mengajak dan membiasakan masyarakat Manggarai untuk hidup bersih dan menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,”kata Rudi Markiano

” Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan deklarasi oleh saya selaku Dandim kemudian Bupati dan Wakil Bupati Manggarai, Kapolres, Kejari dan peserta aksi lainnya,” imbuhnya.

“Penandatanganan ini, sebagai simbol komitmen kita semua mendukung dan siap menjaga kebersihan di Kota Ruteng ini,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya bahwa seluruh jajaran Kodim 1612/Manggarai tidak akan berpangku tangan dan menyerahkan permasalahan persoalan sampah, kebersihan lingkungan kepada pihak lain saja, namun akan turut aktif terjun bersama-sama.

“Persoalan sampah ini, masalah kita bersama. Dan kebersihan itu, budaya yang harus kita tanamkan dari yang paling kecil yakni pada diri sendiri kemudian keluarga,” ungkapnya.

Sementara itu, saat memberikan sambutan deklarasi GMPS, Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus menjelaskan, Ruteng adalah rumah sekaligus wajah kita, semua orang tidak ingin wajahnya menjadi kotor dan kumuh.

“Kita harus memiliki komitmen tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, apabila semua ini didasari atas kesadaran dari dalam diri, saya yakin kota ini akan bersih mulai hari ini sampai seterusnya,” pesan Bupati.

Aksi kegiatan ini dimulai dari pusat Kota Ruteng, Pasar Inpres dan pusat pertokoan, yang didahului pembacaan deklarasi oleh Lourensius Guntur dan ditirukan oleh ribuan peserta aksi.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati Manggarai Drs. Viktor Madur, Kapolres Manggarai AKBP Cliffri Steiny Lapian, SIK., Kajari Ruteng, perwakilan BRI, OPD, ASN Setda Manggarai, Ormas, LSM, anggota Kodim 1612/Manggarai, anggota Polres Manggarai, Persit Kodim 1612/Manggarai, para pelajar serta perwakilan para pelaku usaha dan pedagang pasar. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 1612/Manggarai Pelopori Ribuan Orang j Kebersihan “Ruteng Perangi Sampah”