TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil Salem pimpin penanggulangan bencana longsor di Desa Bentarsari

By 20 Jan 2019 Kodam IV/Diponegoro
7a (5)

JAKARTA – tniad.mil.id – Pasca Bencana Longsor di Desa Bantarsari, jajaran Koramil Salem dan berbagai instansi terkait lainya serta masyarakat melakukan upaya evakuasi korban dan perbaikan Talud Penahan Tanah (TPT). Hal tersebut disampaikan Pejabat Sementara Danramil 13 Salem Kodim 0713/ Brebes Pelda Jahri dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/1/2019).

Bencana longsor kembali terjadi pada puncak musim penghujan Januari-Februari 2019 ini. Kali ini, Talud Penahan Tanah (TPT) di Blok Jetak RT/01 RW/02 Desa Bentarsari, Kecamatan Salem, Brebes, ambrol sehingga mengancam dua bangunan rumah warga setempat.

Disampaikannya, sehari sebelumnya (Jumat 18/1) mulai pukul 14.30-16.00 WIB, wilayah Salem dan sekitarnya diguyur hujan yang cukup lama dan deras sehingga mengakibatkan tebing di samping pemukiman salah satu warga, Darsono (47) yang terletak di samping Sungai Cibentar, longsor.

“Tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini, kerugian materiil kami perkirakan mencapai 10 Juta Rupiah. Kami bersama masyarakat membantu evakuasi barang-barang dan surat berharga ke tempat yang lebih aman,”ujarnya.

Ditambahkannya, Babinsa bersama Polsek dan BPBD Salem serta puluhan warga setempat, melaksanakan karya bakti pembuatan penahanan tebing darurat. “Kami bersama anggota Polsek, dinas terkait dan 20 orang masyarakat membuat talud darurat dari bambu dan karung diisi pasir. Batu juga kami gunakan untuk memperkuatnya, mudah-mudahan dapat menahan tanah agar tidak longsor,” pungkasnya. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil Salem pimpin penanggulangan bencana longsor di Desa Bentarsari