Skip to main content
Berita Satuan

Panglima TNI : Program Kerja Mabes TNI Prioritaskan Modernisasi Alutsista dan Kekuatan Integratif

Dibaca: 419 Oleh 17 Jan 2019Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Program kerja Mabes TNI tahun 2019 disusun dengan memprioritaskan modernisasi Alutsista dan penggunaan kekuatan integratif, sedangkan Mabes Angkatan memiliki program prioritas yaitu modernisasi Alutsista, peningkatan profesionalisme prajurit dan dukungan kesiapan matra darat, laut, dan udara. Tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada Rapim Kemhan RI Tahun 2019, bertempat di Gedung A.H. Nasution Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (16/01/2019).

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI memaparkan 11 program prioritas yang langsung ditindaklanjuti dengan program 100 hari kerja. “Alhamdulillah, program 100 hari kerja dapat terlaksana 100 persen, kegiatan-kegiatan yang sifatnya berkelanjutan tetap diteruskan sesuai penahapan pada Renstra TNI 2015-2019,” ujarnya.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga menyampaikan bahwa pembangunan pertahanan integratif di perbatasan diwujudkan dalam bentuk Satuan TNI Terintegrasi. “Pada tanggal 18 Desember 2018 yang lalu, saya telah meresmikan Satuan TNI Terintegrasi (STT) Natuna di Dermaga TNI AL Selat Lampa, Natuna,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan, dalam pembangunan Minimum Essential Force, TNI mengembangkan organisasi pada tahun 2018, yaitu pembentukan Divisi 3/Kostrad, Koarmada III, Koopsau III dan Pasmar-3 di wilayah Indonesia timur. “Kehadiran keempat organisasi baru tersebut diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan stabilitas nasional, khususnya di wilayah Indonesia timur,” tegasnya.

Baca juga:  Tanamkan Nilai Kebangsaan, Babinsa Koramil 1416-02 Tikep Latihkan PBB Siswa Sekolah

Menjawab pertanyaan awak media tentang kunjungan ke markas pasukan Elit, Panglima TNI Tjahjanto menyampaikan bahwa kunjungan ke satuan Kopassus, Marinir dan Kostrad untuk mengembangkan kemampuan perang kota, dimana selama ini prajurit TNI juga sudah latihan termasuk perang hutan yang musuhnya jelas.

“Dalam melaksanakan perang kota yang dihadapi ada masyarakat dan terorisme itu sendiri, sehingga saya sampaikan agar mengembangkan konsep perang kota. Taktik perang kota yang jelas karakteristik dan perlengkapannya berbeda,” jelas Panglima TNI.

Lebih lanjut Panglima TNI menjelaskan bahwa perang kota harus disiapkan, yang jelas sudah menggunakan teknologi nano, sehingga teknologi ini sangat diperlukan pada saat perang kota dan non little weapon ini juga harus dikembangkan. “Apakah dengan menggunakan konsep membuat frekuensi suara tinggi, kemudian peralatan-peralatan yang menggunakan infrared, thermal dan koordinat itu juga kita kembangkan,” ungkapnya.

“Untuk itu, saya sampaikan kepada pasukan TNI agar mempersiapkan diri untuk latihan perang kota dan apa saja peralatannya yang kurang segera diajukan, kemudian segera dilaksanakan kegiatan secara bertahap yang mengarah kepada profesionalisme prajurit,” pungkasnya. (Dispenad)

Baca juga:  Mabesad Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel