Kodam IV/Diponegoro

Pembekalan Wawasan Kebangsaan, Bangun Karakter Generasi Muda

Oleh 08 Jan 2019 Tidak ada komentar
Pembekalan Wawasan Kebangsaan, Bangun Karakter Generasi Muda
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Wawasan kebangsaan dan bela negara sangat penting untuk diketahui oleh para pemuda, terutama siswa sekolah mulai dari usia dini yang nantinya menjadi pemimpin bangsa di masa depan. Hal tersebut disampaikan Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono, di Magelang, Jawa Tengah, Senin (7/1/2019).

Dandim mengatakan, generasi muda ke depan adalah generasi yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan di masa yang akan datang, yang harus memiliki sikap dan mental yang terlatih, teruji, dan dapat diandalkan. “Sebagai Aparat Teritorial, kita intens memberikan pembekalan betapa pentingnya wawasan kebangsaan kepada generasi muda,”ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, dalam rangka pembinaan Komsos ini, dirinya juga mengajak para Babinsa jajaranya untuk terus mendatangi sekolah-sekolah memberikan pembekalan, salah satunya yang dilakukan Babinsa Koramil 13/Mungkid Serka Agus P menyambangi SDN 1 Bojong, Kecamatan Mungkid, yang memberi materi disiplin dan cinta tanah air kepada anak-anak murid kelas V dan VI.

“Langkah ini sebagai kontribusi TNI kepada lembaga pendidikan dengan melaksanakan komunikasi sosial di sekolah-sekolah di Kecamatan Mungkid dalam rangka pembinaan karakter dan disiplin siswa, agar hubungan silaturrahmi antara Koramil dengan sekolah sekolah terjalin dengan baik,”ucap Kukuh Dwi Antono.

Sementara itu, Serka Agus yang memberi pembekalan dihadapan sekitar 60 orang siswa menyampaikan bahwa di jaman milenial ini siswa agar mempergunakan kesempatan untuk hal-hal yang positif, sehingga dapat menjadikan momen ini sebagai wadah peningkatan disiplin karena waktu akan cepat berlalu.

“Orang tua susah payah mencari uang untuk membiayai adik-adik, maka tugas kalian harus membalasnya dengan semangat belajar yang tinggi, hindari hal-hal negatif yang kurang bermanfaat bahkan merugikan diri sendiri dan orang lain seperti tawuran dan lainnya” tegasnya.

Agus menambahkan, untuk menjadi orang sukses harus dimulai sejak dini, membiasakan berdisiplin, semangat dan ulet dalam belajar akan membentuk karakter menjadi sosok yang dewasa dalam sikap.

“Kami selalu siap membantu sekolah-sekolah dalam pembinaan karakter siswa agar nantinya menjadi generasi yang mempunyai semangat dan mental juang dan tentu terpenting berjiwa nasionalis dan cinta tanah air,” terangnya.

Sementara Kepala SD Negeri 1 Bojong, Suyati S.Pd sangat mengapreasi kegiatan Babinsa di sekolahnya yang ikut membantu membina kedisiplinan dan ketertiban siswa-siswinya. “Saya berharap komunikasi yang baik antara Koramil dengan sekolah tetap terjalin,” tambahnya.

Suyati berharap, para Babinsa juga ikut membantu mengajar dan mendidik generasi muda, sehingga mampu meningkatkan potensi sumber daya manusia agar tidak kalah bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya dalam mengisi pembangunan bangsa Indonesia nantinya. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel