Kodam VI/Mulawarman

Prajurit Penjaga Perbatasan Bantu Anak-Anak Tapal Batas Belajar Mengaji

Oleh 22 Jan 2019 Tidak ada komentar
Prajurit Penjaga Perbatasan Bantu Anak-Anak Tapal Batas Belajar Mengaji
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Menjaga wilayah perbatasan merupakan tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam yang sedang bertugas menjaga perbatasan RI-Malaysia di wilayah Provinsi Kalimantan Utara. Tersebut disampaikan Komandan Satgas Pengamanan Perbatasan (Dansatgas Pamtas) Yonif 613/Rja Letkol Inf Fardin Wardhana, di Kampung Sei Ular, Nunukan, Senin (21/1/2019).

Lebih lanjut disampaikan, selain menjalankan tugas pokok menjaga patok dan mengamankan wilayah perbatasan, Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam juga mempunyai tugas meningkatkan kualitas hidup masyarakat di perbatasan, salah satunya dengan memberi bekal ilmu yang dapat menambah wawasan.

“Kali ini melalui kegiatan Komsos kreatif, personel Pos Sei Ular SSK II Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam memberikan bimbingan keagamaan, mengajar mengaji Al-Quran para anak-anak yang berada di tapal batas Kampung Sei Ular, Kecamatan Seimanggaris, ” ujarnya.

Dansatgas mengatakan, Komsos kreatif ini dipimpin Serda Rijalul beserta anggota Pos Sei Ular yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam membantu memberikan bimbingan bagi anak-anak untuk belajar agama.

“Kita mengajari anak-anak membaca Iqro, menghafal surat – surat pendek Al-Quran dan membaca Al-Quran,” ucapnya.

Sementara itu, Komandan SSK II Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam, Kapten Inf Roy Satrya Pasaribu menyampaikan bahwa tanggung jawab membina generasi muda tak hanya terletak di pundak orang tua dan guru, namun haruslah dipikul oleh kita semua. Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kepribadian anak.

“Melalui kegiatan seperti ini diharapkan agar anak-anak di wilayah perbatasan khususnya Desa Sei Ular mempunyai pemahaman tentang agama dan ahlak budi pekerti yang baik sehingga dapat menjadi bekal dalam diri mereka,” terangnya.

Masyarakat di sekitar Pos Sei Ular pun menyambut antusias kegiatan yang dilakukan oleh para anggota Pos Sei Ular, karena hal tersebut dapat membantu anak- anak mereka lancar membaca Al-Quran, sekaligus juga mendapatkan wawasan lebih mendalam lagi mengenai agama dan ahlak budi pekerti yang baik.

Hal ini diakui oleh salah satu tokoh masyarakat Kampung Sei Ular, Aidil Fitri (40), menyambut gembira kepedulian prajurit TNI kepada warga perbatasan.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam yang mau mengajarkan anak-anak membaca Al-Quran. Mudah-mudahan ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat dan berguna bagi masa depan mereka,” tuturnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel