Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Puting Beliung Terjang Rumah Warga, TNI Gelar Karya Bakti di Desa Gugut

Dibaca: 43 Oleh 15 Jan 2019Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA – tniad.mil.id – Jajaran Kodim 0824/Jember menggelar Karya Bakti Sosial Korban Puting Beliung di tiga dusun Desa Gugut. Hal tersebut disampaikan Dandim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar dalam rilis yang diterima, Selasa (15/1/2019).

Dijelaskan Arif Munawar, pada Minggu (13/1/2019) lalu, hujan lebat disertai angin puting beliung menerjang rumah warga di Dusun Jereng Timur, Dusun Dukuh dan Dusun Krajan di Desa Gugut, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember.

“Sebanyak tiga gudang tembakau, satu unit Musholla dan tiga rumah penduduk rusak berat, sedangkan 12 rumah mengalami rusak ringan disebabkan pohon tumbang. Pada peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa,”ungkapnya.

Menindaklanjuti berita peristiwa tersebut, Arif Munawar memerintahkan jajarannya (Koramil terdekat lokasi) untuk melaksanakan karya bakti untuk membantu warga yang mengalami musibah tersebut.
“Mulai hari Senin (14/1/2019), dilaksanakan pembersihan hingga perbaikan sebagian rumah yang rusak ringan agar masyarakat dapat segera menghuni rumahnya kembali,”ujarnya.

Lebih lanjut lulusan Seskoad tahun 2014 ini menjelaskan jika bantuan yang diberikannya tersebut merupakan salah satu bagian dari implementasi tugas pokok TNI pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP) khususnya dalam operasi kemanusiaan penanggulangam bencana alam.

Baca juga:  Danrem 081/DSJ Safari Ramadhan ke Blitar

“Personel yang dilibatkan diantaranya dari Koramil 0824/13 Rambipuji yang dipimpin langsung oleh Danramil Kapten Inf Abdul Latif bersama 12 orang anggotanya,” kata Arif Munawar.

Lebih lanjut, dia jelaskan bahwa kegiatan Bhakti Sosial tersebut dilakukan bersama dengan Kapolsek Rambipuji bersama anggotanya 12 orang, Camat Rambipuji bersama delapan anggotanya, tiga orang personel BPBD, lima orang dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, 20 orang perangkat desa dan masyarakat setempat.

Sementara itu, Kapten Inf Abdul Latif yang memimpin kegiatan tanggap darurat menyampaikan bahwa kegiatan saat ini melaksanakan pembersihan puing rumah yang hancur dan menyingkirkan pohon tumbang, sekaligus memperbaiki rumah yang rusak ringan.

“Sedangkan rumah warga yang rusak berat, kita menunggu material dan langkah perbaikan dari BPBD Jember maupun pihak terkait lainnya,” pungkas Abdul Latif. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel