Dinas Penerangan

Serius perangi Narkoba, Pangdam I/BB Perintahkan Seluruh Babinsa

By 11 Jan 2019 No Comments
WhatsApp Image 2019-01-11 at 14.40.13
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA,tniad.mil.id,- Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah sangat serius dalam memerangi peredaran narkoba di wilayah jajarannya, salah satu bentuk keseriusan itu adalah dengan memerintahkan seluruh Babinsa untuk menjaga wilayah teritorialnya masing-masing dari peredaran gelap narkoba. Demikian disampaikan melalui Kepala Penerangan Kodam I/Bukit Barisan, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos, di Makodam I/Bukit Barisan Jumat, (11/1/2019).

Penjelasan Pangdam tersebut disampaikan terkait peristiwa diamankannya dua pemuda membawa ganja satu kilogram oleh dua Babinsa Koramil 05/Medan Baru, Kodim 0201/BS Medan pada Kamis malam (10/1/2019) pukul 23.00 WIB.

Kapendam menuturkan kronologi kejadian bermula dari informasi saudara (ZK) Staf Pertamina Pangkalan Brandan yang menginap di Mess Pertamina melihat adanya 5 orang laki-laki dan 6 orang perempuan yang tanpa diketahui identitasnya sering kumpul-kumpul sambil bernyanyi sampai larut malam, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan dan menimbulkan kecurigaan,’’ungkapnya.

Setelah mendapat informasi, Danramil 05/MB Lettu Arm Edy Halomoan Hutabarat, SH. MH, Babinsa Koramil 05/MB Sertu Agusrika, Serda Oman, Babinsa Koramil 14/PB Serka Momon Sutisno dengan didampingi kepala lingkungan melakukan pengecekan ke salah satu kamar, maka didapati satu paket berisi 2 kotak bolu meranti dibagian atas lemari dan dibagian bawah lemari ditemukan Ganja dalam 2 bungkusan dengan berat 0,5 Kg.

’’Kedua pemuda yang diamankan tersebut didapatkan identitasnya berinisial NBP (21), warga Sihorok, Kota Sibolga, dan KS (27), warga Kampung Sinjang Karsa. Barang bukti beserta para tersangka saat ini telah diserahkan kepada Polsek Medan Baru untuk diadakan pemeriksaan lanjutan,”terang Kapendam.

Lebih lanjut Kolonel Inf Roy menilai bahwa peran Babinsa sebagai aparat komando kewilayahan yang keberadaannya bersentuhan langsung dengan warga masyarakat, memiliki peran dan fungsi strategis sebagai mata dan telinga bagi institusi TNI dalam menciptakan keamanan dan kondusifitas di wilayah.

Apalagi dikaitkan dengan peredaran narkotika yang saat ini sudah semakin banyak cara dan modusnya. Karena itu, peran dan fungsi Babinsa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, dipastikan akan sangat bermanfaat untuk menekan peredaran gelap dari narkotika itu sendiri.

Kodam I/BB sangat mengapresiasi kinerja dua Babinsa Koramil 05/Medan Baru, Kodim 0201/BS yang telah berhasil menggagalkan peredaran narkotika antar provinsi,”’pungkas Kolonel Roy Sinaga (Dispenad).

Leave a Reply