Kodam Iskandar Muda

TNI Bantu Padamkan Lahan Gambut di Aceh Jaya

Oleh 08 Jan 2019 No Comments
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Prajurit TNI Posramil Darul Himkah Kodim 0114/Aceh Jaya bersama Tim SAR, Polri, BPBK Aceh Jaya melakukan pemadaman lahan gambut yang terjadi di Desa Babah Dua, Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya. Hal tersebut disampaikan Dandim 0114/Aceh Jaya Letkol Kav Andhie Suryatama, di Aceh Jaya, Senin (7/1/2019).

Dandim mengatakan, lokasi kebakaran ini cukup jauh dari pemukiman masyarakat setempat ditambah lagi harus menyeberangi sungai, sehingga agak menyulitkan petugas untuk melakukan pemadaman.

“Pemadaman terpaksa dilakukan dengan cara manual karena lokasi jauh dan harus menyeberangi sungai. Alat pemadam kebakaran seperti mobil Damkar tidak bisa dikerahkan ke sana,”ujarnya.

“Kita belum bisa memastikan penyebab kebakaran lahan gambut tersebut, namun dugaan sementara karena cuaca kemarau selama dua minggu terakhir di daerah tersebut cukup panas bisa saja menjadi pemicu terjadinya kebakaran,”sambung Andhie Suryatama.

Sementara itu Sersan Mayor (Serma) Muhammad Yunus dari Posramil Darul Hikmah menjelaskan, TNI bersama pihak terkait akan terus memantau dan melakukan pemadaman sampai dapat dipastikan api benar-benar sudah padam. “Kita akan pantau dan lakukan pemadaman sampai benar-benar lahan tersebut seluruhnya sudah tidak ada api,” ungkapnya.

Baca juga:  Pangdam IM Ikut Kirab Api Obor Asian Games 2018

Yunus berharap, masyarakat juga ikut bekerjasama menjaga wilayah ini agar terhindar dari kebakaran. “Jika terjadi kebakaran lahan seperti ini, aktivitas masyarakat pun ikut menjadi terganggu. Mari kita jaga lingkungan sekitar agar tetap terjaga,”pungkasnya. (Dispenad)

Berita Terkait

Komentar