Kodam Iskandar Muda

TNI Bersama Petani Panen Perdana Bawang Putih di Aceh Tengah

Oleh 26 Jan 2019 Tidak ada komentar
TNI Bersama Petani Panen Perdana Bawang Putih di Aceh Tengah
#TNIAD 

JAKARTA – tniad.mil.id – Selesai mengikuti kegiatan Minggu Militer di Makodim 0106/Aceh Tengah (Ateng), Babinsa Koramil 13/Btg Serka Suprapto bersama petani langsung terjun ke kebun untuk melakukan panen perdana bawang putih seluas 11 Ha, di lahan percontohan Kampung Nosar Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah. Hal tersebut disampaikan Dandim 0106/Ateng Letkol Inf Hendry Widodo dalam rilis tertulisnya, Jum’at (25/01/2019).

Disampaikan Dandim 0106/Ateng, hasil panen para petani bawang putih tersebut merupakan Upaya Khusus (Upsus) pendampingan yang dilakukan para Babinsa kepada para petani agar panen mendapatkan hasil maksimal.

“Kami memerintahkan seluruh jajaran Koramil dan Babinsa memberikan pendampingan kepada para petani agar segala permasalahan di lapangan dapat dicarikan solusinya dan mendapatkan hasil panen yang mekasimal, ” ujarnya.

Dandim juga mengungkapkan, tanaman tersebut cukup mudah ditemui di negara tropis seperti Indonesia dan negara-negara Asia, hal ini dikarenakan bawang putih telah menjadi bahan bumbu utama sebagai penguat rasa alami yang bebas dari bahan-bahan kimia.

“Bawang putih merupakan hasil komoditi pertanian yang memiliki berbagai keunggulan dari sisi ekonomi maupun kesehatan,”jelasnya.

Bawang putih, selain berkhasiat sebagai antioksida alami yang membantu regenerasi sel dalam tubuh, juga memiliki kandungan kolesterol rendah, kalium, vitamin C maupun B6, fosfor serta seng yang tinggi dan bisa mengobati batuk, pilek, masuk angin, penurun gula darah untuk penderita diabetes, menjaga sistem imun tubuh, hingga menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. “Bawang putih juga memiliki nilai ekonomi dengan harga jual yang cukup tinggi,”jelasnya.

Menurutnya, keterlibatan para Babinsa dalam pendampingan kepada petani diharapkan dapat membantu dan memberikan motivasi yang tinggi kepada para petani untuk menggarap lahan pertaniannya.

“Keterlibatan kami ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI untuk menambah sinergitas atau kebersamaan sekaligus meningkatkan Kemanunggalan antara TNI dengan Pemda dan masyarakat, yang sesuai dengan slogan nya yaitu TNI Kuat, Bersama Rakyat,”jelas Dandim.

Kepada para petani lainnya yang ada di wilayah dataran tinggi Gayo, Dandim mengharapkan, dengan adanya kegiatan panen bawang ini, semoga dapat termotivasi atau terdorong untuk terus bersemangat dalam bertani maupun berkebun dan terus meningkatkan hasil produksi, agar tarap hidup masyarakat menjadi lebih baik.

Hadir pada panen perdana bawang putih ini Wakil Bupati Aceh Tengah H. Firdaus SKM, Kadis Pertanian Propinsi Aceh Dedy, Dirjen STO Departemen Pertanian Bardi, Kadis Pertanian Ateng Ir H Juanda, Camat Bintang Sukurdi M.K STPD M. S, perwakilan dari Bank Aceh, Derektur BI Yufrizal, Direktur gudang Hortikultura Iqbal, RRI Gurniandi, Ketua penyuluhan Pertanian Winaku Setiadi dan Reje se-Kecamatan Bintang. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel