TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Ikut Uji Coba Jaringan Optik Bawah Laut Palapa Ring Paket Tengah

By 20 Jan 2019 Puspen TNI
1a (5)

JAKARTA, tniad.mil.id – Tentara Nasional Indonesia melakukan uji coba jaringan optik bawah laut Palapa Ring Paket Tengah di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, lewat video conference di Ruang Pusat Komando dan Pengendalian Operasi di Markas Besar TNI. Tersebut disampaikan Inspektur Jenderal (Irjen) TNI Letjen TNI Muhammad Herindra, di Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (18/1/2019).

Menurut Irjen TNI, dengan menggunakan jaringan optik bawah laut Palapa Ring Paket Tengah, akan sangat membantu TNI terhadap kelancaran komunikasi yang diperlukan, khususnya dalam pelaksanaan tugas satuan-satuan jajaran TNI di daerah-daerah terpencil.

“Kita bisa memberikan informasi kepada Babinsa (Bintara Pembina Desa) tentang penyampaian komando pengendalian, laporan dan kegiatan administrasi lainnya,”ujarnya.

Selain itu, melalui video conference, Herindra menyapa Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono, yang ketiganya berada di lokasi yang berbeda.

Sri Mulyani diketahui sedang berada di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Nila Moeloek berada di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Salemba, Jakarta Pusat, dan Djoko Sasono ada di Kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Seperti diketahui, Palapa Ring Paket Tengah sudah selesai dibangun pada akhir tahun lalu. Ini menyusul Palapa Ring Paket Barat yang sudah selesai beberapa waktu lalu.

Paket Tengah tersebut melintasi 17 Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara. Titik yang dilewati merupakan jalur bebas gempa, dengan panjang jaringan kabel serat optik 2.995 kilometer.

Pembangunan ini dilakukan sebagai infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi broadband dan untuk menghubungkan wilayah Indonesia.

Dalam pelaksanaan video conference, Irjen TNI didampingi antara lain oleh Asisten Komunikasi dan Elektronika (Askomlek) TNI Marsda TNI Asep Dian Hermawan, Kepala Pusat Komando dan Pengendalian Operasi (Kapusdalops) TNI Brigjen TNI Ferry Zein serta Komandan Satuan Komunikasi dan Elektronika (Dansatkomlek) TNI Brigjen TNI Budi Prijono, S.T., M.M. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Ikut Uji Coba Jaringan Optik Bawah Laut Palapa Ring Paket Tengah