Berita Satuan

Tumbuhkan Kedisiplinan dan Wawasan Kebangsaan para Pelajar, Babinsa kenalkan PBB.

Oleh 05 Jan 2019 No Comments
#TNIAD 

BERAU – tniad.mil.id – Pembekalan Peraturan Baris Berbaris (PBB) di sekolah yang dilakukan merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan kedisiplinan dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada generasi muda. Demikian disampaikan Komandan Rayon Militer (Danramil) 0902-09/Biatan Lettu Arm Antha Hi Jusuf, S.E. dalam rilisnya, Sabtu (5/4/2018).

“PBB bukan hanya tentang bagaimana cara berbaris secara rapih saja, melainkan mengharapkan dan menanamkan kepada para pesertanya, untuk disiplin dan dapat meningkatkan Wasbang mereka,”ujar Antha.

Dijelaskannya bahwa wawasan kebangsaan yang di maksud adalah agar para pesertanya dapat lebih mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Ini penting, dan harus kita tanamkan dan ditumbuhkan secara dini kepada generasi muda kita.,” tegasnya.

“Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Serda Taslim, bersama dengan anggota Pospol Biatan dan Diknas bersinergi memberikan pengenalan PBB kepada siswa dan siswi SMP 1 Biatan hari Rabu lalu (02/01/2019),”imbuhnya.

Lebih lanjut menurutnya, penanaman disiplin kepada anak sekolah akan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, baik dilingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah.

“Terlebih rencana pembentukan regu untuk mengikuti perlombaan baris-berbaris yang biasa dilaksanakan ditingkat Kabupaten, seperti pada peringatan hari-hari nasional dalam kegiatan seperti ini akan di laksanakan secara terprogram dan berjalan secara terus menerus. “ ucap Danramil.

Danramil menambahkan bahwa dengan seringnya diberikan materi baris-berbaris kepada para siswa, maka akan banyak manfaat yang diperoleh dari sisi jasmani maupun rohani.

“Manfaat latihan dari segi fisik, para siswa/siswi akan menjadi kuat sehingga kekuatan fisik dapat terjaga. Sedangkan dari segi rohani, pola pikir siswa/siswi akan teebentuk jiwa korsa dan pemikiran positif karena diajari hal-hal yang berhubungan dengan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air,”jelasnya

“Pelatihan baris-berbaris juga untuk menumbuhkan sikap disiplin, mencegah siswa untuk berbuat anarkis atau bolos sekolah, karena dengan disiplin akan terbentuk rasa tanggung jawab”, tutup Danramil

Secara rutin Koramil 0902-09/Biatan melaksanakan egiatan latihan PBB, setiap hari Jumat sebagai salah satu kegiatan tambahan (ekstra kurikuler) di SMP 1 Buatan. (Dispenad)

Komentar