TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

18 Meriam Caesar Armed 12/Kostrad “Kirab” Keliling Ngawi

By 14 Feb 2019 Kostrad
bra4

JAKARTA, tniad.mil.id – Yon Armed 12/Kostrad menggelar kirab Alutsista, sekaligus pemasanan terhadap 18 pucuk Meriam 155 mm Caesar berkeliling Ngawai. Tersebut disampaikan Danyonarmed 12/Kostrad, Mayor Arm Ronald, F. Siwabessy dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Kamis (14/2/2019).

Diungkapkan Danyon, Yonarmed 12/Kostrad yang mengawaki Meriam Caesar 155 mm merupakan Alutsista modern dan merupakan salah satu Batalyon tercanggih TNI AD saat ini. Tentunya harus mengoptimalkan perawatan sekaligus pemeliharaan Alutsista Meriam Caesar tersebut secara rutin sesuai prosedur maintenance yang telah ditentukan.

“Seiring dengan pemahaman tersebut, 18 pucuk Meriam 155 mm Caesar yang saat ini dimiliki oleh Yonarmed 12/Kostrad pun harus melalui jenis pemanasan “berjalan” dengan estimasi jarak tempuh kurang lebih 20 km,” ujarnya.

“Pemanasan berjalan ini, dalam rangka merawat dan melancarkan sistem hidrolik dari meriam tersebut,” ucapnya.

Pada dasarnya, kata Ronald, pemanasan Meriam 155 mm Caesar itu, terbagi menjadi 2 jenis, pemanasan pertama, bisa dilakukan di tempat sedangkan jenis kedua dilakukan dengan berjalan/on road di jalan raya. “Termasuk pemanasan berjalan jarak jauh, karena, jarak tempuhnya lebih dari 15 kilometer,” ungkapnya.

Tak hanya dituntut untuk mampu mengoperasionalkan Alutsista meriam saja, Danyonarmed 12/Kostrad ini menambahkan, sebagai prajurit TNI AD yang profesional setiap prajurit di satuan Armed juga dituntut untuk mampu merawat, sekaligus memelihara setiap Alutsista yang dimiliknya.

Kecanggihan Alutsista yang dimiliki Yonarmed 12/Kostrad itu, juga merupakan upaya untuk mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI dan untuk menanggulangi ancaman-ancaman dari negara lain, sehingga dapat mewujudkan stabilitas kawasan regional maupun internasional guna tercapainya ketentraman bagi masyarakat Indonesia.

“Maka dari itu kita selaku satuan yang mengawaki salah satu Alutsista tercanggih ini, selain harus mampu mengoperasionalkan, juga harus mampu untuk melaksanakan perawatan, sama halnya dengan tubuh kita,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, senjata itu ibarat tubuh kita, kalau dipelihara, dirawat dan selalu menjaga kesehatan, maka tubuh pun akan sehat dan kuat. “Begitu juga dengan meriam ini, jika kita selalu menjaga, merawat dan memeliharanya dengan baik sehingga Meriam Caesar ini akan selalu siap untuk mendukung tugas tugas pertahanan negara jika dibutuhkan,” pungkas Ronald. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

18 Meriam Caesar Armed 12/Kostrad "Kirab" Keliling Ngawi