TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Anda Sedang Terkena Batuk Kering? Coba Atasi Secara Alami

By 17 Feb 2019 February 23rd, 2019 Tips Kesehatan
hadi3

Bismilah, Batuk merupakan salah sati jenis gangguan kesehatan yang terjadi pada saluran pernapasan. Batuk sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

Batuk kering dan juga batuk tidak kering atau basah. Batuk kering merupakan jenis batuk yang biasanya tidak di sertai dengan adanya ledir di dalam pangkal tenggorokan. Sedangkan batuk tidak kering atau basah merupakan jenis batuk yang di sertai dengan adanya lendir atau dahak di dalam tenggorokan. Dengan adanya lendir atau dahak tersebut bisa membuat anda merasa tidak nyaman.

Batuk kering itu sendiri bisa di sebabkan oleh adanya beberapa faktor, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Asam lambung.

kadar asam lambung yang tinggi ternyata juga dapat menyebabkan terjadinya batuk kering. Hal tersebut terjadi karena penyakit refluks asam yang biasanya terjadi pada pagi hari.

Virus.

beberapa jenis virus juga bisa menyebabkan terjadinya batuk kering. Pada umunnya jenis virus yang mudah masuk ke dalam tubuh manusia yaitu virus flu. Virus flu itu sendiri dapat menyerang bagian hidung dan juga tenggorokan. Jika flu tersebut sudah menyerang tenggorokan maka akan muncul dahak atau lendir di dalam pangkal tenggorokan.

Setelah anda sudah mengetahui apa saja faktor penyebab terjadinya batuk, selanjutnya kita akan memberikan tips atau membahas tentang jenis obat-obatan herbal untuk mengatasi batuk kering serta mengatasi tenggorokan gatal secara alami.

Beberapa jenis obat-obatan alami yang bisa anda gunakan sebagai obat batuk yaitu sebagai berikut:

JAHE, jahe merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat yang sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh manusia. Jahe juga bisa di jadikan sebagai obat herbal yang memiliki manfaat dan juga khasiat dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat.

Selain itu jahe ini juga bisa berkhasiat dapat mengatasi batuk yang sedang Anda alami.

Untuk membuat ramuan herbal dari jahe untuk mengatasi batuk kering yang sedang Anda derita sanat mudah sekali, karena jahe bisa Anda dapatkan dengan sangat mudah di sekitar anda.

Cara meramu yaitu:

Siapkan dulu jahe sebanyak 1 rimpang, lalu cuci sampai bersih, kemudian geprek jahe tersebut, selanjutnya seduh dengan menggunakan 1 gelas air panas.

NOTD, Jangan tambahkan bahan lain seperti gula dan yang lainnya pada minuman tersebut. Minumlah air jahe tersebut secara rutin setiap hari dan rasakan sensasi hangat dan juga rasa lega pada tenggorokan Anda setelah meminum ramuan herbal tersebut.

Ramuan herbal ini sangat di percaya dapat mengatasi batuk kering yang di sebabkan oleh adanya infeksi.

KUNYIT, secara ilmiah, jenis tanaman rimpang yang satu ini tidak hanya memiliki kandungan vitamin dan juga mineral saja di dalamnya.

Ternyata di dalamnya juga terdapat kandungan zat anti inflamasi sehingga dapat berfungsi sebagai anti septik atau juga anti biotik alami yang aman bagi tubuh manusia.

Dan menurut ahli massage memang kunyit benar adanya memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat yang sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh. Selain itu menurut mereka kunyit juga bisa bermanfaat mengatasi berbagai jenis penyakit, salah satunya yaitu dapat mengatasi batuk kering yang sedang anda derita saat ini.

Untuk membuat ramuan herbal dengan menggunakan kunyit untuk mengatasi masalah batuk sangat mudah sekali, Anda hanya perlu melakukan hal-hal berikut.

Yang pertama ambil kunyit secukupnya, kemudian seduh dengan menggunakan 1 gelas air panas. Aduk sampai merata, setelah itu tunggu dingin dulu kemudian biasa anda minum. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal minumlah ramuan herbal tersebut secara rutin setiap hari minimal 2 kali sehari sampai batuk kering yang anda derita benar-benar sembuh.

DAUN SIRIH, daun sirih ini memang memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat yang sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh manusia. Secara tradisional daun sirih ini sering sekali di jadikan sebagai salah satu bahan, utama untuk pengobatan dan juga kecantikan.

Selain itu daun sirih ini ternyata juga dapat di manfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi batuk kering yang sedang anda derita secara alami dan aman.

Untuk membuat ramuan herbal menggunakan daun sirih untuk mengatasi masalah batuk kering Anda, sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut.

Yang pertama siapkan bahan-bahannya dulu seperti daun sirih sebanyak 5 lembar, serta cengkeh, dan kayu manis secukupnya. Kemudian rebuslah semua bahan-bahan yang telah di siapkan tadi dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas, tunggu sampai mendidih dan airnya menyusut hingga setengah.

Setelah itu ambil airnya sebanyak satu sendok makan dan konsumsilah secara rutin setiap hari minumal 2 kali sehari sampai batuk kering yang Anda derita sembuh total.

Hindari makanan yang berminyak, terlalu pedas, makanan instan, selama Anda dalam proses penyembuhan.

Selain pola makan, Anda harus menjaga pola hidup, istirahat yang cukup supaya batuk kering yang Anda derita cepat sembuh…

Semoga, bermanfaat

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Artikel Tips Kesehatan Puspen TNI Kostrad Dinas Penerangan Kodam IX/Udayana Kodam Iskandar Muda Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Anda Sedang Terkena Batuk Kering? Coba Atasi Secara Alami