Dinas Penerangan

Antisipasi Musim Kemarau, Kodim 1011/Klk Gelar Latihan Pencegahan Karhutla

Oleh 01 Feb 2019 Tidak ada komentar
Antisipasi Musim Kemarau, Kodim 1011/Klk Gelar Latihan Pencegahan Karhutla
#TNIAD 

JAKARTA – tniad.mil.id – Antisipasi musim kemarau, Kodim 1011/Klk melaksanakan latihan bersama dan penguatan Koramil yang wilayahnya rawan Karhutla. Tersebut disampaikan Dandim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P dalam rilis tertulisnya, Kapuas, Kalsel, Kamis (31/1/2019).

Diungkapkan Dandim, latihan pemadam kebakaran tersebut tidak hanya diikuti oleh anggota Kodim saja melainkan diikuti juga oleh BPPD Pulang Pisau, Balai Pengendalian Perubahan Iklim, Pengendalian Kebakaran hutan dan lahan (PKHL), Manggala Agni, Regu Pemadam Kebakaran serta perusahaan, PT . Best Agro dan PT SCP.

WhatsApp Image 2019-02-01 at 00.47.56

“Puluhan personil mengikuti latihan dari mulai pembekalan sampai dengan praktek kesiapan serta pemadaman kebakaran,” terangnya.

Kegiatan latihan tersebut, dilaksanakannya selama 2 hari yaitu mulai tanggal 29 s.d. 30 Januari 2019.

“Mengingat wilayah Kabupaten Kapuas yang sebagian besar lahan gambut, maka kita perlu mengantisipasi terjadinya bahaya kebakaran. Apalagi, kedepan akan memasuki musim kemarau,” jelas Bambang Kristianto.

Dengan adanya perubahan musim, dirinya, mengambil langkah antisipasi terhadap kemungkinan terjadi bencana Karhutla.

“Tidak hanya kegiatan latihan, kita juga perkuat atau menambahkan personel dan alat pompa air di Koramil yang wilayahnya rawan Karhutla,” imbuhnya.

Sementara itu, Danramil 1011-15/Pulang Pisau, Kapten Arh Yulius menyampaikan, bahwa kegiatan latihan yang diikutinya tersebut ditujukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan semua pihak guna terlibat dalam pencegahan Karhutla.

“Dalam latihan, kita buatkan simulasi, dengan kondisi sedemikian rupa, seolah-olah memang benar terjadi kebakaran,” jelasnya.

“Dengan melakukan simulasi dan praktek penanggulangan kebakaran. Diharapkan dari kegiatan ini masing-masing instansi yang terlibat dalam operasi penanggulangan Karhutla akan semakin siap,” pungkas Yulius. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel