TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Antusiasme Warga Cinanas Bantu TNI Bangun Sarana Jalan

bra1

JAKARTA, tniad.mil.id – Mengutamakan kepentingan umum, menjadikan masyarakat Desa Cinanas, Kecamatan Bantarkawung, membagi tugas antara urusan dapur dan membantu TNI membangun sarana pendukung jalan TMMD Sengkuyung I 2019. Tersebut disampaikan Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Faisal Amri, dalam rilis tertulisnya di, Brebes, Senin (11/2/2019).

Diungkapkan Dandim, dalam pengerjaan badan jalan ini, antusiasme warga, baik tua-muda maupun laki-perempuan, bersinergi dengan para teknisi dan Babinsa Koramil 12/Bantarkawung melanjutkan pekerjaan karya bakti TMMD memasuki hari keempat.

“Hasil yang dicapai dalam pembuatan TPT (Talud Penahan Tanah) sehari sebelumnya, Minggu (9/2), di ruas I pemasangan 13 meter penahan tanah tinggi 0,5 – 2,5 meter di Dusun Kalijambe sudah mencapai 95 % dan talud sepanjang 17 meter tinggi 0,5 – 2,5 meter baru tercapai 40 %. Selanjutnya talud di ruas VI dengan volume panjang 18 meter tinggi 1 meter terealisasi 60 %,”ujarnya.

“Progres ini berhasil diraih karena tingginya antusiasme masyarakat Dusun Kalijambe bergotong-royong bersama prajurit. Saya mengapresiasi perangkat dusun dan desa, karena telah menggerakkan warganya secara terjadwal dan bergilir bersama kita bekerja,”jelas Dandim.

Ditambahkannya, akses tersebut merupakan sarana penghubung antar dusun yaitu Kedung Nanas dengan Karangsengon melewati Kalijambe. Begitu vitalnya dalam peningkatan ekonomi atau pemasaran hasil bumi, kesehatan dan pendidikan, pentingnya upaya pengawetan badan jalan dari gerusan air hujan sehingga talud dan gorong-gorong (riol) menjadi sasaran TMMD. Untuk saluran drainase juga diupayakan sebagai sasaran tambahan program.

“TPT sangat penting dalam untuk menahan badan jalan, sedangkan gorong-gorong berfungsi mengalirkan air hujan dari perbukitan agar tidak melintasi jalan. Cukup pengendara saja yang melintas jalan,” pungkasnya. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Antusiasme Warga Cinanas Bantu TNI Bangun Sarana Jalan