TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Apa sih itu Penyakit Encok

By 15 Feb 2019 February 17th, 2019 Tips Kesehatan
hadi3

Bismillah, Encok atau rasa nyeri di punggung serta bagian tubuh lainnya merupakan penyakit yang disebabkan penumpuknya kristal asam urat di dalam jaringan ikat. Menumpuknya kristal asam urat yang ada dalam tubuh tersebut menyebabkan peradangan artritis yang bisa menyebabkan pembengkakan, rasa nyeri, serta nyeri pada sendi Anda.

Oleh karena itulah rasa nyeri itu biasa disebut encok.

Encok ini masih bisa disembuhkan dengan berbagai macam obat. Salah satunya dengan mengkonsumsi obat alami (tradisional).

Tanda jika seseorang dipastikan menderita penyakit encok itu seperti apa sih pak?

Bila Anda terkena encok, maka bagian tubuh yang terkena atau bagian sendi yang terkena akan sulit digerakkan dan juga akan sangat sakit bila digerakan.

Lalu apa saja obat alami untuk encok tersebut? Anda bisa meracik obat ramuan ini sendiri dengan mudah.

Anda tau lengkuas?

Lengkuas dan jahe adalah bahan dasar yang bisa digunakan untuk membuat ramuan obat encok. Kedua bahan tersebut nantinya Anda campurkan dengan air tajin.

Dan silahkan dikonsumsi.

Selain lengkuas dan jahe, ada juga bahan lainnya yaitu akar pepaya secukupnya, lengkuas, sebesar jempol jari dewasa sebanyak tiga ruas, gula kelapa secukupnya. Lalu direbus secara bersamaan dengan air lima gelas. Tunggu sampai mendidih, dan air tersisa dua gelas.

Saring, dan silahkan airnya di di konsumsi. Untuk ampasnya jangan dibuang, sebab nantinya ampas ramuan tersebut bisa digunakan untuk membuat minuman obat selanjutnya.

Resep ramuan selanjutnya adalah dengan menggunakan daun singkong dan juga kapur sirih.

Cara meramunya adalah dengan meremas-remas daun singkong beserta kapur sirih secara bersamaan. Setelah diremas menjadi kecil-kecil, Anda tinggal menempelkannya di bagian tubuh yang terasa pegal atau sakit.

Kulit manggis juga bisa dijadikan bahan dasar untuk obat encok. Cara mengolah:

Kulit manggis menjadi obat encok yaitu dengan iris kulit tersebut kecil-kecil lalu dijemur.

Setelah kering, campurkan kulit manggis tersebut ke segelas air hangat lalu tunggu hingga berubah warna. Dan silahkan kasih satu sendok madu, aduk rata lalu silahkan dikonsumsi.

Daun gandarusa juga bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan encok. Daun tersebut dicampur dengan daun sirih dan lada. Lalu tumbuk ketiga bahan tersebut hingga halus. Setelah itu, Anda bisa mengoleskannya ke bagian yang nyeri.

NOTE:

Obat herbal encok tersebut harusnya dikonsumsi dengan baik dan juga secara rutin agar nantinya encok Anda bisa segera sembuh. Semoga dapat di pahami dan insya Allah tips di atas jadi solusi untuk Kita semua.

Semoga bermanfaat

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kostrad Kodam IV/Diponegoro Kodam XVI/Patimura Puspen TNI Dinas Penerangan Tips Kesehatan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Apa sih itu Penyakit Encok