TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Atasi Kendala Kesehatan, Satgas Yonif PR 328/Dgh Lakukan Kerjasama dengan Puskesmas Abe Pantai

By 21 Feb 2019 Dinas Penerangan
IMG-20190221-WA0008

Jakarta, tniad.mil.id,- Kesehatan adalah suatu faktor yang sangat berharga di dalam hidup, untuk itu sangat penting bagi kita agar selalu menjaga kesehatan. Tersebut disampaikan Dansatgas Yonif PR 328/DGH, Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M.Tr (Han) dalam rilis tertulisnya, Jayapura, Papua. Kamis (21/02/2019).

Diungkapkan Dansatgas, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif PR 328/DGH bekerja sama dengan Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Abe Pantai, melakukan kegiatan pengobatan kepada Masyarakat Kampung Enggros.

Kegiatan kerja sama yang dipimpin oleh Danpos Nafri Letda Inf Deki Eka bersama Kepala Puskesmas Ibu Merry Diace bertujuan untuk mengatasi masalah kesehatan serta membentuk ibu-ibu kader kesehatan di Pustu (Puskesmas Pembantu) di Kampung Enggros.

“Perjalanan dari Puskesmas Abe Pantai hanya dapat ditempuh melalui kapal (Speedboat) selama 30 menit menuju Kampung Enggros, dikarenakan kampung tersebut berada di atas perairan,” terang Dansatgas.

Hanya ada satu orang bidan saja yang melayani 585 warga Kampung Enggros dengan jumlah KK sebanyak 150 KK, sehingga Kepala Puskesmas berinisiatif untuk membentuk kader-kader baru dalam pelayanan kesehatan di Kampung Enggros.

“Masih banyak kendala yang dihadapi di kampung ini, terutama pelayanan kesehatan yang memang hanya ada satu orang saja petugas kesehatan yang melayani masyarakat. Sehingga kami bersama personel Satgas berinisiatif untuk melakukan kegiatan pengobatan kepada masyarakat disini,” ujar Ibu Merry.

Letda Inf Deki Putra pun mengatakan bahwa kurangnya tenaga medis memang menjadi kendala, apalagi akses menuju kampung tersebut hanya dapat ditempuh melalui Kapal Speedboat.

“Kami dari Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH Pos Nafri juga akan memberikan pelatihan kepada Ibu-ibu kader kesehatan tentang pertolongan pertama kepada warga apabila dalam kondisi sakit,” ujar Deki. (Dispenad)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Satuan Kodam IX/Udayana Kodam Iskandar Muda Kodam V/Brawijaya Artikel Tips Kesehatan Dinas Penerangan Kostrad Kodam II/Sriwijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Atasi Kendala Kesehatan, Satgas Yonif PR 328/Dgh Lakukan Kerjasama dengan Puskesmas Abe Pantai