TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Atasi Tifus atau Tipes dengan Tradisional

By 28 Feb 2019 March 3rd, 2019 Tips Kesehatan
hadi3

Bismillah, Obat alami penyakit tifus atau tipes Penyakit tifus merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang organ pencernaan yang bisa di sebabkan oleh tumbuhnya bakteri, bakteri tersebut bisa di sebarkan oleh arthoropoda seperti kutu, tungau dan juga caplak.

Apa bedanya tipes dengan tifus?

Banyak orang mungkin mengira tipes dan tifus adalah hal yang sama. Penyebutan tifus dan tipes yang memang mirip membuat banyak orang salah mengira. Namun, sebenarnya tipes alias demam tifoid berbeda dengan tifus. Tipes atau demam tifoid disebabkan karena infeksi bakteri Salmonella typhi pada usus. Sedangkan, tifus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Rickettsia typhi atau R. prowazekii. Bakteri ini bisa dibawa oleh ektoparasit, seperti kutu atau tungau pada tikus, dan kemudian menginfeksi manusia.

Memang, gejala demam tinggi sama-sama bisa terjadi pada orang yang terinfeksi tipes maupun tifus. Namun bakteri yang menjadi sumber infeksi dari tipes dan tifus berbeda. Selain demam tinggi, gejala lain dari tifus yang dapat muncul adalah sakit perut, sakit punggung, batuk kering, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, mual, serta muntah.

Penyakit tifus ini merupakan salah satu jenis penyakit menular yang bisa menular melalui makanan dan juga minuman yang Anda konsumsi. Dengan demikian akan lebih baik juga Anda mencuci tangan dulu sampai bersih sebelum makan dan juga sesudah makan.

Hal tersebut di lakukan guna terhindar dari bakteri yang dapat masuk ke dalam tubuh anda melalui makanan dan juga minuman yang akan anda konsumsi. Sebelum penyakit tifus ini menjadi parah, tidak ada salahnya Anda melakukan pencegahan.

Gejala penyakit tifus atau tipes ini bisa menyerang siapa saja baik itu anak-anak maupun dewasa.

Faktor asupan makanan adalah suatu hal yang paling berperan dan juga erat kaitanya dengan penyakit yang satu ini. Jenis makanan yang kurang bergizi, kurangnya kandungan serat dan juga kebersihan makanan yang tidak terjamin merupakan penyebabnya.

Adanya pola makan yang sehat juga sangat mempengaruhi terhadap daya tahan tubuh Anda.

Sering sekali telat makan dan membiarkan terlalu lama, serta membiasakan perut dalam keadaan kosong bisa menyebabkan ternjadinya infeksi dan juga iritasi pada lambung. Keadaan tersebut lama-kelamaan akan mengakibatkan timbulnya sakit maag, dan kemudian bisa berisiko menimbulkan terjadinya gejala penyakit tifus atau tipes.

Sebelum hal tersebut terjadi, maka sebaiknya jagalah pola makan Anda dan juga Anda harus benar-benar pintar dalam memilih jenis makanan yang memiliki kandungan gizi serta terjamin kebersihannya.

Dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan bisa mencegah virus dan juga bakteri masuk ke dalam tubuh dan berkembang. Untuk itu sistem imun di dalam tubuh kita harus tetap terjaga kesehatanya agar tubuh kita terhindar dari virus dan juga bakteri.

Gejala awal yang di timbulkan penyakit tifus ini biasanya yaitu demam, sakit perut, sakit kepala, juga mudah lelah.

Namun lama-kelamaan seiring dengan berjalannya waktu penyakit tifus ini bisa menyebabkan gejala yang lebih parah lagi, yaitu seperti sembelit, diare, mimisan, pembengkakan pada organ hati, serta perubahan mood.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa alam telah menyediakan atau menyimpan keajaiban yang salah satunya yaitu dapat di manfaatkan sebagai obat alami. Banyak sekali bahan alami yang ada di sekitar kita yang bisa kita gunakan sebagai obat alami berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu dapat mengobati penyakit tifus atau tipes yang Anda derita..

Nah berikut ini ada beberapa jenis obat-obatan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit tifus dan tipes. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

cacing kalung,

cacing kalung adalah salah satu jenis cacing tanah yang memiliki tubuh yang tergolong besar. Pemanfaatan cacing kalung ini sebagai obat alami penyakit tifus atau tipes sudah terbukti sangat manjur sejak jaman dahulu.

Untuk, menggunakan cacing tanah ini sebagai obat alami penyakit tifus sangat mudah sekali. Yaitu dengan merebus cacing kalun tersebut yang sebelumnya sudah di bersihkan.

Agar bau serta juga amisnya tidak terlalu menyengat, Anda bisa mengonsumsi air rebusan cacing ini di waktu masih hangat.

Bawang putih

Bawang putih ini selain bermanfaat sebagai penyedap pada masakan, ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat yang luar biasa untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Salah satu manfaat dan juga khasiat bawang putih ini untuk kesehatan yaitu dapat mengobati penyakit tifus dan tipes secara alami.

Bawang putih ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat membantu untuk menyingkirkan kandungan racun yang sangat berbahaya, serta juga dapat mempercepat proses penyembuhan.

Untuk cara penggunaan bawang putih ini sebagai obat alami penyakit tifus atau tipes sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut:

Anda dapat mengkonsumsi secara lansung bawang putih sebanyak kurang lebih 2 siung pada saat sebelum makan atau pada kondisi perut kosong. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari sampai benar-benar sembuh. Selain itu Anda juga bisa menggunakan cara yang lainnya yaitu dengan mencampurkan bawang putih yang sudah ditumbuk atau di remas dengan segelas susu. minumlah ramuan tersebut secara rutin minumal 2 kali sehari.

Jangan lupa selama proses penyembuhan konsumsilah buah pisang minimal 2 biji supaya mempercepat penyembuhan.

Semoga, bermanfaat

Pos Terkait

Kirim Komentar/Pertanyaan

Atasi Tifus atau Tipes dengan Tradisional