TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil 15/Ketanggungan Kodim Brebes Sigap Atasi Longsor

By 20 Feb 2019 Kodam IV/Diponegoro
5a (3)

JAKARTA,tniad.mil.id – Akses jalan penghubung dua Kecamatan di Kabupaten Brebes tertutup material tanah akibat tanah longsor yang terjadi Senin, sehingga diterjunkan prajurit Koramil Ketanggungan untuk membantu mengatasinya. Tersebut disampaikan Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Faizal Amri dalam rilis tertulisnya, Rabu (20/2/2019).

Dikatakannya, bencana longsor ini terjadi pada Senin (18/2/2019) malam sekitar 18.30 WIB. Longsor tersebut tepatnya terjadi di Gunung Sunia, Desa Jemasih, Kecamatan Ketanggungan.

“Mengetahui terjadinya bencana longsor, saya mengistruksikan Danramil Ketanggungan untuk mengecek lokasi longsor dan memastikan apakah ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, sekaligus membantu warga di sekitar lokasi yang terdampak longsor tersebut,”ujarnya.

Sementara itu Danramil 0713-15/Ketanggungan, Kapten Inf Sugeng mengatakan, penyebab longsor diakibatkan tingginya curah hujan di wilayah tersebut sehingga tebing setinggi 20 meter dan panjang 6 meter mengalami longsor.

“Akibatnya, material longsoran menutup akses jalan Kabupaten Brebes penghubung antar Kecamatan Ketanggungan dan Bantarkawung,”jelasnya.

”Material longsoran menutup jalan desa penghubung di dua kecamatan yang menuju ke wilayah Brebes. Jalan tersebut tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua karena tertutup material longsor setinggi satu meter,”ungkap Sugeng.

Koramil, Muspika setempat, BPBD dan masyarakat bekerjasama melakukan karya bakti membersihkan material longsoran dengan alat manual seadanya. “Hari ini (Rabu) proses pembersihan material longsor tersebut sudah berjalan dan sudah dapat dilalui kendaraan,”tuturnya.

Dirinya berpesan, walau jalan sudah dapat dilalui, namun kendaraan yang lewat harus tetap berhati-hati karena kondisi jalan licin. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,”pungkasnya. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Koramil 15/Ketanggungan Kodim Brebes Sigap Atasi Longsor