TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Longsor di Empat Desa, Kodim 1501/Ternate Prioritaskan Keselamatan Warga

By 03 Feb 2019 Kodam IX/Udayana
7a (3)

JAKARTA, tniad.mil.id – Akibat hujan yang terus-menerus di wilayah Maluku Utara menyebabkan empat desa di wilayah Kodim 1501/Ternate menjadi longsor dan ratusan warga tinggal di tenda pengungsian.

Tersebut disampaikan Dandim 1501/Ternate Letkol Kav Bambang Sugiyarta, dalam rilis tertulisnya di Halmahera Barat, Kamis (31/1/2019).

Saat meninjau longsor, Dandim mengatakan, prioritas utama adalah menyelamatkan warga yang rumahnya tertimpa longsoran. “Selanjutnya akan segera berkomunikasi dengan Pemkab dan seluruh unsur terkait agar segera menyalurkan bantuan bagi korban terdampak bencana longsor tersebut,”ujarnya.

Bukan hanya itu dirinya juga menyampaikan akan berkoordinasi dengan pihak/instansi terkait untuk segera mengambil langkah strategis guna mengantisipasi kemungkinan yang terjadi lainnya.

“Saya meninjau untuk melihat secara langsung kondisi korban dan rumah yang terdampak bencana longsor, sekembalinya ke Jailolo kita akan segera berkomunikasi dengan Pemkab dan seluruh unsur terkait agar segera bantuan disalurkan serta diambil langkah strategis guna mengantisipasi kemungkinan lainnya,”jelasnya.

Adapun dampak langsung akibat hujan deras yang turun pada Rabu (30/1) telah menghancurkan dan merusak beberapa rumah warga serta fasilitas umum lainnya.

Berdasarkan data sementara ada 19 rumah warga rusak akibat terjangan longsor tersebut, diantaranya di Desa Kedi (4 KK) dan Desa Soasiu (5 KK), Desa Tolofuo (9 KK) dan Kahatola (1 KK). Untuk itu masyarakat yang rumahnya terkena dampak longsor sementara mengungsi di lokasi yang telah disediakan pihak BPBD dan kecamatan. (Dispenad/MO.006)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Longsor di Empat Desa, Kodim 1501/Ternate Prioritaskan Keselamatan Warga