TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Outbound Membangun Sikap Kepemimpinan dan Kerja Sama Siswa

By 26 Feb 2019 Kodam V/Brawijaya
WhatsApp Image 2019-02-25 at 15.47.45

JAKARTA, tniad.mil.id – Kegiatan outbound merupakan sebuah program atau permainan yang dirancang khusus bagi siswa sekolah untuk membangun dan meningkatkan sikap kepemimpinan dan kerja sama kelompok dalam diri siswa.
Tersebut disampaikan Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto, dalam rilis tertulisnya, di Blitar, Jawa Timur, Selasa (26/2/2019).

Diungkapkan Dandim, kegiatan outbound yang dilaksanakan TK – RA Muslimat NU dalam rangka menyongsong peringatan Isro Mi’roj Nabi Muhammad SAW di Lokasi Wisata Bendungan Serut, Kademangan, menghadirkan pemberi materi Pelda Sutarno, prajurit Kodim 0808/Blitar.

Dalam kegiatan ini lanjut Dandim, Pelda Sutarno memberi materi pelatihan meliputi kegiatan melintasi Halang Rintang (HR), berjalan di atas tali dan melintasi jaring pendarat. “Tujuan pelatihan ini untuk melatih kemandirian, meningkatkan keberanian dalam bertindak di sekolah maupun di luar sekolah, sekaligus membentuk pola pikir yang kreatif dan inisiatif positif dalam berinteraksi,”ujarnya.

Lebih lanjut kata Kris Bianto, outbound yang diikuti sebanyak 550 orang anak Siswa/i dari TK Al-Hidayah se- Kecamatan Kademangan ini penting diterapkan kepada siswa sekolah, selain mengurangi kejenuhan pada pembelajaran sehari-hari yang berada di dalam kelas, kegiatan ini juga bisa menjadikan tubuh menjadi sehat, karena menuntut pesertanya untuk aktif bergerak dan dalam suasana ceria.

“Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk mendidik generasi penerus menjadi pribadi yang mandiri ke depannya,”ucapnya.

Sementara itu, Pelda Sutarno saat ditemui mengatakan Bahwa kegiatan ini disamping menyuguhkan berbagai permainan, sekaligus juga sebagai upaya mengenal lebih dekat dengan kegiatan TNI. “Outbond ini bertujuan untuk melatih keterampilan teknis atau penguasaan bidang seseorang sehingga mudah dilakukan dan diterapkan baik di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari, “tambahnya.

“Dalam segala kegiatan, anggota Koramil 0808/10 Kademangan selalu siap serta mendukung kegiatan yang bersifat pembinaan agar generasi muda memiliki kedisiplinan sejak dini, “terangnya.

Sementara itu, Ketua PGTK Islam, Wigati, mengucapkan terima kasih kepada Bapak-Bapak TNI Koramil Kademangan. “Berkat ketulusan dan keikhlasan mereka dalam memberikan wawasan kebangsaan dapat meningkatkan kedisiplinan generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa ini,”tutupnya. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Outbound Membangun Sikap Kepemimpinan dan Kerja Sama Siswa