TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam Jaya : Kodam Jaya Siap Membackup Polda Metro Jaya Saat Pemilu 2019

By 07 Feb 2019 Kodam Jaya
bra7

JAKARTA, tniad.mil.id – Kodam Jaya/Jayakarta sepenuhnya akan mendukung dan membackup Polda Metro Jaya saat pengamanan Pemilihan Legislatif (Pilleg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Tersebut dikatakan Kapendam Jaya/Jayakarta Kolonel Inf Kristomei Sianturi, S.Sos., M.Si., dalam rilis tertulisnya, Senin (4/2/2019).

Dijelaskan Kapendam Jaya, penyataan tersebut di sampaikan Pangdam saat dirinya menerima kunjungan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono di Markas Kodam Jaya, Jl. Mayjen Sutoyo, Cawang, Jakarta Timur pada Senin 4 Februari 2019 siang.

Kapendam menuturkan bahwa dalam pertemuan tersebut, kedua jenderal bintang dua itu membicarakan seputar keamanan Jakarta sebagai ibukota negara. Sejumlah persiapan pengamanan (Pam) jelang Pilleg dan Pilpres juga menjadi topik dalam perbincangan tersebut.

Sementara itu Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, sambung Kristomei menyampaikan bahwa dalam pengamanan Pemilu 2019, diperlukan banyak pengerahan pasukan. “Pemilu 2019 banyak memerlukan pengerahan pasukan, dikarenakan adanya perubahan sistem pengamanan,” jelasnya.

Ia juga berharap sinergitas antara TNI-Polri yang saat ini telah terbangun dengan baik untuk terus ditingkatkan kembali. “Perlu digiatkan lagi kegiatan bersama antara TNI dan Polri di hadapan masyarakat sebagai bentuk sinergitas untuk meyakinkan masyarakat bahwa Pemilu akan berlangsung aman dan damai serta menepis isu-isu di masyarakat,” lanjutnya.

Menganggapi hal tersebut, Pangdam juga menuturkan perlunya sinergitas TNI Polri untuk bisa mengajak tokoh agama sebagai penyampai pesan damai kepada masyarakat. “Sebagai langkah penting dalam Pam Pilleg dan Pilpres, peran serta Ulama, Ustadz maupun tokoh agama lainnya harus dapat dimaksimalkan. Sebab peran mereka sangat dominan sebagai corong untuk menebar kebaikan dan penyejuk di masyarakat,” tuturnya.

Terkait dukungan selama Pam Pileg dan Pilpres, Abituren Akmil 1989 tersebut menegaskan bahwa pihaknya siap mendukung pengamanan pesta demokrasi tersebut. “Tentu pada saat Pam Pilleg dan Pilpres, Kodam Jaya akan mendukung dan membackup Polda Metro Jaya sepenuhnya,” tegasnya.

Pesan Pangdam, patroli bersama antara TNI dan Polri harus terus dilakukan, sehingga apabila terjadi ekskalasi (kenaikan) keamanan, akan lebih mudah untuk mengambil langkah-langkah selanjutnya. Ini juga sebagai upaya meningkatkan sinergitas TNI dan Polri. Sinergitas tidak hanya di kalangan Perwira, tapi juga harus terjalin hingga ke unsur paling bawah,”paparnya.

Kedua pejabat pun sepakat untuk meningkatkan sinergitas jelang pesta demokrasi Indonesia yang akan berlangsung serentak 17 April mendatang. Adapun kunjungan yang dilakukan Kapolda ke Kodam Jaya, selain bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan pengamanan pemilu di wilayah ibu kota.

Hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya Kasdam Jaya Brigjen TNI Suharyanto, para Asisten jajaran Kodam Jaya dan para pejabat di jajaran Polda Metro Jaya. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Pangdam Jaya : Kodam Jaya Siap Membackup Polda Metro Jaya Saat Pemilu 2019