Dinas Penerangan

Program Bersih Bersama Tangkal DBD di Kapuas

Oleh 17 Feb 2019 Tidak ada komentar
Program Bersih Bersama Tangkal DBD di Kapuas
#TNIAD 

JAKARTA,tniad.mil.id – Guna mengantisipasi Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Kalteng, khususnya di Barak/Perumahan prajurit dilaksanakan pengecekan dan pembersihan di lingkungan Kodim 1011/Klk.

Tersebut diungkapkan oleh Dandim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono dalam rilis tertulisnya, Minggu (17/2/2019).

“Berdasarkan data yang dirilis Kemenkes per 14 Februari 2019, jumlah penderita DBD di Indonesia mencapai 20.321 orang dengan korban meninggal mulai Januari lebih dari 300 orang,” ungkapnya.

“Ini tentu menjadi keperihatinan kita bersama, agar tidak mewabah di sekitar kita,”imbuhnya.

WhatsApp Image 2019-02-17 at 13.22.15 (1)

Berdasarkan hal itu, lanjut Bambang, menindaklanjutinya bersama Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Kabupaten Kapuas dalam bentuk kegiatan “Bersih Bersama Tangkal DBD”.

“Sesungguhnya, tidak hanya ditujukan untuk satuan jajaran Kodim saja, namun untuk seluruh wilayah Kapuas ini,” tegasnya.

Lebih lanjut, menurutnya, ini telah dimulai di Asrama Kodim 1011/Klk yang menyertakan personel dari Dinas Kesehatan.

“Asrama, biasanya padat penghuni dan bisa di duga menjadi pusat perkembangan DBD, apalagi sekarang masuk di musim penghujan,” ujar Bambang.

“Untuk itu, selain pemeriksaan, maka kita laksanakan tindakan preventif berupa tindakan kebersihan juga melaksanakan penyemprotan,” tambahnya.

Ingat, lanjutnya, untuk menghindari wabah DBD, tindakan yang paling tepat adalah dengan menjaga dan memelihara kebersihan.

WhatsApp Image 2019-02-17 at 13.22.12

Sementara itu Pasilog Kodim, Kapten Inf Suyanto yang ikut dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa sasaran utama kegiatan adalah untuk membersihkan saluran parit (drainase) dan merapikan bagian ranting pohon di sekitar parit.

“Serta membersihkan rumput yang tumbuh liar, dan membuang sampah yang ada di sekitar parit untuk memperlancar aliran air (irigasi),”jelasnya.

Menurutnya, di musim hujan seperti sekarang ini, berkembangnya jentik-jentik dan sarang nyamuk cepat sekali berkembang.

“Kebersihan lingkungan kunci pokok mencegah berkembangnya segala macam penyakit. Dalam waktu dekat kita juga melakukan fogging agar nyamuk ini tidak berkembang dan keluarga kita terhindar dari penyakit,”pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel