Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Program RTLH Kodim Jember, Sulap Rumah Bambu Ibu Jatem

Dibaca: 54 Oleh 25 Feb 2019Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak huni (RTLH) tahun 2019 oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang bekerjasama dengan Kodam V/Brw, memiliki nilai-nilai positif, khususnya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat yang lebih layak.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar dalam rilis tertulisnya, di Jember, Senin (25/2/2019).

Diungkapkan Dandim, nilai positif lainnya dari program tersebut yaitu pihaknya (TNI) dapat berinteraksi sekaligus juga meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat serta menjaga budaya gotong-royong.

“Kita TNI dapat berinteraksi dengan masyarakat dengan membawa nilai manfaat bagi warga kurang mampu yang rumahnya kurang layak untuk dihuni,” katanya.

Dijelaskan Arif bahwa dengan adanya program ini, secara otomatis satuan di jajaran Kodam V/Brw mulai dari Kodim hingga tingkat Bintara Pembina Desa (Babinsa) sebagai pelaksanannya turun melaksanakan program tersebut.

“Termasuk di wilayah Kodim 0824/Jember, kita pun turun melaksanakan program RTLH ini,” ungkapnya.

Arif memaparkan sebanyak 502 warga kurang mampu tersebar di 31 Kecamatan dan 248 Desa se-Kabupaten Jember mendapatkan program tersebut. “sebelum pelaksanaan RLTH kita melakukan pendataan oleh Babinsa, selanjutnya sosialisasi baru pelaksanaan,” Kata Arif.

Baca juga:  Ganti Rugi Pertamina Kepada Masyarakat Desa Pelem Atas Lahan Yang Terkena Jalur Fasilitas Pengolahan Gas

Seperti yang dilakukan di rumah Bu Jatem (66) janda renta yang memiliki seorang anak dengan kondisinya pas-pasan yang tinggal di Lingkungan Tumpeng RT. 02/02 Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates.

Saat Dirinya mendatangi rumah tersebut memang kondisinya sudah memprihatinkan, pasalnya rumahnya terbuat bambu, dinding juga dari anyaman bambu dan kondisinya sudah lapuk semua. Sehingga rumahnya tersebut mendapatkan Program RTLH.

Dandim berharap dengan program ini mereka akan menempati rumah yang lebih layak dan lebih sehat, yang terpenting nilai kegotong-royongan masyarakat semakin meningkat.

Sementara itu Lurah Tegal, Anto Purwanto menyampaikan, terima kasih kepada Babinsa yang telah merealisasikan rumah Bu Jatem ini masuk pada program RTLH dan kini masuk pada tahap pembongkaran.

“Kepada masyarakat saya titip untuk selalu membantu dengan kerja gotong-royong seperti ini, Saya bangga dengan masyarakat meskipun hidup di kota namun masih terpelihara budaya gotong-royong,” harapnya.

Kegiatan ini melibatkan 15 orang warga, Ketua RW Supari, Babinsa Serka Slamet, Sertu Mastomi dan Pelda Mujiono dari Koramil 0824/12 Kaliwates. (Dispenad)

Baca juga:  Beberapa Titik Rest Area Dipadati Pemudik

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel