Kodam XVI/Patimura

Sebagai Generasi Penerus, Menwa Suri Tauladan Bagi Rakyat Indonesia

Oleh 07 Feb 2019 Tidak ada komentar
Sebagai Generasi Penerus, Menwa Suri Tauladan Bagi Rakyat Indonesia
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Sebagai generasi penerus bangsa yang berasal dari kalangan intelektual, Resimen Mahasiswa (Menwa) tidak hanya menjadi contoh dan panutan di kampus ataupun lingkungannya, namun juga menjadi suri tauladan bagi rakyat Indonesia. Tersebut disampaikan Kapenrem 152/Babullah Mayor Inf Iriono dalam rilis tertulisnya, Senin (4/2/2019).

Diungkapkan Kapenrem, harapan Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, S.I.P., M.M. tersebut disampaikan saat memberikan kuliah tentang kepemimpinan dan loyalitas kepada 101 personel Resimen Mahasiswa (Menwa) baru Sultan Nuku Maluku Utara, di Balai Prajurit Yonif Raider Khusus 732/Banau, Halmahera Barat.

“Pembekalan Danrem tersebut merupakan bagian dari Diklatsarmil (Pendidikan dan Latihan Dasar Kemiliteran) untuk membentuk para mahasiswa yang tergabung dalam Menwa,”terang Iriono.

“Tujuannya, dalam rangka memberikan pengetahuan dan pembekalan para generasi muda (Menwa) yang berkarakter dan berdisiplin tinggi,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, jelas Kapenrem, Danrem juga menyampaikan bahwa kepemimpinan merupakan kemampuan seseorang untuk mempengaruhi, menggerakkan, dan mengarahkan tingkah laku orang lain, kelompok atau organisasi untuk mencapai tujuan kelompok atau organisasi dalam situasi tertentu.

“Sedangkan loyalitas diartikan sebagai sikap setia dan patuh terhadap sesuatu. loyalitas dapat diartikan sebagai sikap setia tanpa pamrih atau tidak mengharapkan balas jasa apapun dari pihak yang dia layani. Kepemimpinan dan loyalitas tidak dapat dipisahkan dalam implementasinya, “ jelasnya.

Terkait tersebut, Kapenrem menegaskan kembali bahwa Diklatsarmil ini untuk menumbuhkan kedisiplinan dan membentuk karakter mahasiswa untuk menjadi generasi penerus bangsa yang dapat ditularkan tidak hanya kepada rekan-rekannya namun juga kepada orang lain.

“Danrem juga berpesan, agar setelah mengikuti Diklatsarmil, para anggota Menwa tidak hanya menjadi contoh dan panutan di kampus maupun lingkungan tempat tinggal, namun di era digital seperti saat ini harus menjadi suri tauladan bagi rakyat Indonesia,“ pungkas Irianto. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel