TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Waspadai Pengaruh Globalisasi, Koramil Ubud Berikan Edukasi Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda

By 17 Feb 2019 Kodam IX/Udayana
bra8

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka menumbuhkan jiwa patriotisme di kalangan Generasi muda, Danramil 1616-02/Ubud Mayor Arm I Putu Arimbawa memberikan penyuluhan tentang wawasan kebangsaan. Tersebut disampaikan dalam rilis tertulisnya, di Ubud, Gianyar, Minggu (17/2/2019).

Dikatakan Danramil, acara yang digelar pada Jumat (15/2/2019) tersebut, diprakarsai oleh Prebekel Desa atau Kepala Desa Peliatan, Gianyar, Bali.

“Kegiatan ini sendiri diikuti oleh ratusan komponen masyarakat dari kalangan Mahasiswa Poltekes Denpasar yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), anggota Badan Keamanan Desa (Bankamdes) Desa Peliatan, anggota Perlinungan Masyarakat (Linmas) Desa Peliatan dan organisasi Karang Taruna Taruni Peliatan,”ujarnya.

Ditambahkan, tujuan dari program pemberian wawasan kebangsaan itu yaitu untuk menciptakan generasi muda yang berwawasan luas serta meningkatkan semangat patriotisme dan kejuangan yang berlandaskan Bhinneka Tunggal Ika dalam rangka menjaga persatuan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pemberian wawasan kebangsaan ini adalah untuk meningkatkan jiwa patriotisma dan nasionalisme para generasi muda dalam rangka menjaga keutuhan NKRI,” ungkap I Putu Warimbawa.

Lebih lanjut disampaikan, hal ini penting diberikan, pasalnya saat ini disinyalir banyak generasi bangsa yang kurang paham dengan arti bela negara. “Mereka cenderung melupakan nilai-nilai yang terkandung dalam empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara,”ucapnya.

Dijelaskan Putu, pihaknya juga dalam kesempatan ini mengajak kalangan masyarakat untuk selalu peka terhadap perkembangan jaman apalagi dihadapkan pada potensi ancaman globalisasi yang berbasis teknologi internet.

“Kita harus mampu memilah informasi-informasi saat ini yang cenderung tidak benar atau hoax dan kalau kita terpengaruh pada berita-berita hoax, apalagi berkaitan dengan Sara, sudah pasti akan menimbulkan kebencian yang mengarah pada disintegrasi bangsa,” ujarnya.

Pembekalan tersebut katanya, mendapatkan apresiasi dari seluruh peserta yang hadir, khususnya dari Prebekel Peliatan l Made Dwi Sutaryanta.

Ia menjelaskan bahwa paparan tentang wawasan kebangsaan itu sangat perlu dan penting bagi generasi muda bangsa.

Dirinya berharap dengan telah dibekalinya tentang wawasan kebangsaan tersebut, para generasi muda khususnya yang ada di Desa Peliatan agar selalu mewaspadai pengaruh negatif di era globalisasi seperti saat ini. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Waspadai Pengaruh Globalisasi, Koramil Ubud Berikan Edukasi Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda