Dinas Penerangan

Bangkitkan Kembali Lahan Tidur, Bantu Warga Perbatasan RI-PNG Hidup Mandiri

Oleh 16 Mar 2019 Tidak ada komentar
Bangkitkan Kembali Lahan Tidur, Bantu Warga Perbatasan RI-PNG Hidup Mandiri
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id,- Untuk membantu mengatasi kesulitan perekonomian dan kebutuhan hidup sehari-hari warga di perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH bekerja bakti menghidupkan kembali lahan tidur warga Kampung Kibay, Distrik Arso Timur, Jayapura.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif PR 328 Kostrad Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M. Tr (Han) dalam rilis tertulisnya, Papua. Sabtu (16/3/2019)

Dikatakan Dansatgas bahwa perkebunan milik warga Kampung Kibay sudah lama sekali tidak ditanami, sehingga banyak ditumbuhi semak belukar dan alang-alang.

“Tanah Kampung Kibay itu subur, namun karena kesulitan memperoleh bibit sayuran atau tanaman, akhirnya kebun warga terbengkalai,” ungkapnya.

“Karena itu, sejak kemarin personel Pos Kaliasin mengajak para warga untuk memanfaatkan lahan mereka dengan menanam berbagai tanaman bermanfaat, seperti sayuran,” ujar Erwin.

Selain menjalankan tugas pokok sebagai Satgas Pamtas, lanjut Erwin, anggota Yonif PR 328/DGH juga membawa misi kemanusiaan diantaranya membantu mendorong meningkatkan kesejahteraan warga di perbatasan RI-PNG.

“Misi itu diwujudkan di sela waktu tugas pokok, dalam hal membantu warga di bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan karakter kebangsaan dan kemandirian wira usaha warga,” tegasnya.

“Sehingga saat berangkat tugas, kita membawa bibit sayuran yang cukup banyak, untuk membantu warga dalam budi daya sayuran di kebunnya,” tambah Erwin.

Senada dengan Erwin, Danpos Kaliasin Letda Khairul Arifin pun menyampaikan bahwa mereka telah bertekad untuk membantu meningkatkan kesejahteraan warga di sekitar Pos.

“Tekad itu muncul ketika kami melihat kondisi warga disini. Karena tidak ada bibit, mereka sangat jarang mengolah kebun, padahal tanah disini subur,” jelas Khairul.

“Untuk itu, kami ajak warga mengolah kebunnya kembali dengan bibit sayuran yang sudah disiapkan Satgas. Termasuk juga kami dampingi (kerja bakti) dalam pengerjaan di kebunnya,” imbuhnya.

Khairul bersama anggota Pos Kaliasin berharap agar dengan adanya dorongan dan bantuan dari mereka, warga Kibay dapat mengelola dan mengembangkan kebunnya dengan beraneka ragam kebutuhan kesehariannya.

“Syukur-syukur jika dari hasil pengelolaan kebun itu dapat memiliki nilai ekonomis yang dapat dijadikan sebagai salah satu mata pencaharian warga,” tegasnya.

Gayung bersambut, tekad dan keinginan dari anggota Satgas Yonif PR 328 mendapatkan apresiasi dan dukungan dari Bapak Daniel (Ketua Rt. 01 Kampung Kibay).

“Kami berterima kasih kepada Personel Satgas yang mengajak warga untuk aktif dalam mengolah kebun miliknya, kami pun berencana untuk tanam sayur-sayuran disini untuk keperluan sehari-hari dan untuk dijual ke pasar,” ujar Bapak Daniel. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel